oleh

Kadis Kominfo Muba Siapkan Renja Usai Sosialisasi  

Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin hadiri sosialisasi  ‘Solusi Mengatasi Blankspot Untuk Mendukung Percepatan Transformasi Digital di Provinsi Sumatera Selatan’, Kamis (26/01/2023) di Palembang. Peserta acara antara lain Bappeda, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten / Kota se-Sumatera Selatan beserta jajaran.

Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga yang hadir langsung dalam acara ini menyebutkan dibawah Kepemimpinan Pj Bupati Musi Banyuasin  H Apriyadi pihaknya terus menggencarkan percepatan Transformasi Digital Menuju Muba Smart Regency. Sinulingga mengatakan pihaknya  telah bekerjasama dengan Telkom Indonesia Regional Sumatera Selatan membangun jaringan FO di 13 Kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin. Dua kecamatan lain menggunakan VSat Starlink Produk Elon Mask.

“Kedepan kita akan kembangkan terus sampai ke tingkat desa termasuk percepatan pembangunan jaringan internet ke puskesmas dan rumah sekolah yang menjadi tanggung jawab kabupaten,” kata Sinulingga. Kehadirannya di acara sosialisasi bersama Pemprov Sumsel dan icon plus, tambah dia, sebagai bahan untuk melakukan kordinasi  percepatan transformasi digital di Musi Banyuasin.

“jika memungkinkan selain telkom kita juga jejaki dengan icon plus. Nanti kita lihat mana yang lebih efektif untuk pembangunan jaringan internet di Musi Banyuasin. Kita pastikan rencana ini masuk di usulan Renja 2024,” pungkasnya.  “internet sekarang sudah menjadi kebutuhan primer, maka selayaknya infrastruktur internet dapat tersedia hingga pelosok negeri” jelasnya.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan, Bapak H. Achmad Rizwan, SSTP, M.M.  Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan ini menyampaikan tujuan utama acara adalah agar tidak ada lagi daerah-daerah di Provinsi Sumatera Selatan yang mengalami kesulitan dalam mengakses informasi.

Selaras dengan Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Selatan, General Manager Strategic Business Unit Regional Sumbagsel,  Yan Alfino Simanjuntak turut menyampaikan bahwa kegiatan ini juga untuk mendukung salah satu visi Gubernur yaitu dalam pengembangan desa digital di Sumatera Selatan.

Keunggulan tersebut bagi masyarakat diantaranya yaitu internet hingga ke pelosok desa dengan berbagai solusi. bagi yang masih tercover jaringan listrik dari PLN, maka akses langganan internet dapat dengan mudah dilakukan, untuk daerah yang tidak dapat dijangkau, maka solusinya berupa internet VSAT. Selain itu untuk lingkup pemerintahan, juga menyediakan berbagai fasilitas diantaranya penyediaan jasa Colocation data center, Cloud services, dan Manage services router. (Rafik Elyas/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed