oleh

Luapan Sungai Lematang Porak Porandakan Beberapa Tempat

Lahat, jurnalsumatra.com –  Curah hujan yang sangat tinggi menerjang Bumi Seganti Setungguan sejak tadi malam hingga pukul 12.00 WIB siang ini membuat sejumlah titik mengalami kebanjiran yang cukup dasyat. Bahkan, beberapa tempat lokasi makan terutama di kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat, tak luput dari terjangan air Sungai Lematang Lahat. Luapan Sungai Lematang yang sangat deras mengakibatkan Taman Mang Chan (TMC) dan Kafe Rahmad, Kafe Emi Twin Cafe, serta tempat lokasi bersantai makan lainnya porak poranda.

Berdasarkan pantauan dilapangan terlihat, sejak pukul 13.45 WIB debit air Sungai Lematang masih sangat deras sekali, dan berwarna kecoklat coklatan, walaupun, terlihat mulai berangsur surut. Mulai dari Jembatan Benteng, Plaza, dipadati oleh masyarakat Lahat untuk melihat secara dekat ketinggian air Sungai Lematang. Tingginya debit air hingga, melebihi batas tembok penahan kiri-kanan Sungai Lematang Lahat.

Akibat Luapan Sungai Lematang ini, juga menerjang empat (4) desa didalam wilayah kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat diantaranya, desa Tanjung Payang, desa Banjar Negara, desa Tanjung Tebat, dan desa Nantal yang berbatasan langsung dengan Sungai Lematang.

Diungkapkan Camat Lahat Selatan, Isna Abi Darda BA mengatakan, yang terparah banjir menerjang ada tiga desa yakni, desa Tanjung Payang sepanjang Sungai Lematang mulai Kafe Rahmad, TMC, Kafe Emi, Tanjung Tebat pinggir Lematang dua rumah satu hanyut, dan satunya rusak berat diperkirakan kerugian sekitar Rp.200 juta rupiah. Sedangkan, desa Karang Baru Jembatan Gantung dan Lesehan Kemang Denasin, serta desa Banjar Negara tidak terlalu parah, hanya satu warung mengalami kerusakan.

“Sampai saat ini, pihaknya baru menerima bantuan berupa Air Mineral dari PT Arta Prigel, dan kepala desa Kades dan ibu kades dalam wilayah kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat untuk disalurkan kepada yang membutuhkan,” tegas Camat Lahat Selatan, pada Kamis (9/3/2023).

Sehingga, sambung Camat Lahat Selatan, pihaknya telah meghimbau kepada seluruh kepala desa (Kades) yang masuk dalam wilayah kecamatan Lahat Selatan, agar dapat stanbay guna mendata bagi warganya masing masing yang diterjang luapan air Sungai Lematang. Alhamdulillah, dikatakan Camat Lahat Selatan, untuk proses Evakuasi sekira jam 09.00 WIB barang barang milik korban yang rumahnya dekat dengan Sungai Lematang berhasil dilakukan. Namun, untuk satu rumah yang hanyut hanya tempat tidurnya tidak sempat di Evakuasi.

“Akibat terjangan air Sungai Lematang ini, telah menghanyutkan 1 rumah dan 1 rusak berat, dan tembok penahan sepanjang 20 Amrul dikarenakan sudah rapuh, dan salah satu jalan pasilitas umum (Pasum) atau jalan lingkar desa yang digunakan masyarakat, termasuk Cafe Demang Kenasin hanyut diterjang Luapan air Sungai Lematang,” pungkasnya. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed