oleh

Bupati Lahat Tinjau Tanah Longsor Menutupi Jalan

-Lahat-2 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang Lahat yang dijuluki Bumi Seganti Setungguan ini, membuat orang nomor satu Pemimpin Lahat terus bergerak memantau serta memastikan sejumlah titik dalam wilayah Kabupaten Lahat dapat kembali berjalan biasa.

Usai dari beberapa titik kecamatan Kabupaten Lahat yang terdampak bencana banjir bandang, kini Bupati Lahat Cik Ujang SH meninjau tanah longsor yang menimbun jalan, sekaligus memastikan Akses Jalan Penghubung kecamatan Tanjung Tebat ke desa Lubuk Selo kecamatan Gumay Ulu, bisa kembali dilalui.

“Dikarenakan, curah hujan yang cukup tinggi, sehingga, tanah longsor dan menutupi ratusan meter akses jalan mengakibatkan Jalan Penghubung kecamatan Tanjung Tebat menuju desa Lubuk Selo kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat, lumpuh total,” ungkap kepala desa (Kades) Lubuk Selo kecamatan Gumay Ulu, Yaudah, pada Minggu tanggal 12 Maret 2023.

Akibat bencana banjir bandang melanda Kabupaten Lahat, dijelaskan Yaudah, mengakibatkan jalan tembusan atau jalan penghubung menuju desa Lubuk Selo dan sekitarnya putus total dan tidak bisa dilalui sama sekali sampai beberapa hari. Mendengar info adanya jalan yang tidak bisa dilalui, salah satunya jalan baru mengarah ke desa Tinggi Ari kecamatan Gumay Ulu menuju Kota Pagar Alam yang lumpuh total, membuat Bupati Lahat Cik Ujang SH mengintruksikan dinas terkait agar dapat segera membersihkan tanah longsor yang telah menutupi badan jalan.

Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel ini, langsung turun kelokasi jalan yang tertutup longsor sebagai akses penghubung kecamatan Tanjung Tebat untuk menuju kecamatan Gumay Ulu sepanjang 200 meter jalan telah tertutup oleh tumpukan tanah, sehingga, tidak bisa dilalui.

“Alhamdulillah, gerak cepat team yang telah diintruksikan sebelumnya, sehingga, jalan penghubung kecamatan Tanjung Tebat menuju kecamatan Gumay Ulu, sudah bisa dilalui masyarakat, namun, pesan saya agar pengendara dapat lebih hati hati, karena jalannya masih licik dan berpotensi kecelakaan,” himbau Bupati Lahat.

Sedangkan, sambung Cik Ujang, untuk jalan Tinggi Ari menuju Kota Pagar Alam juga mengalami lumpuh total dan tidak bisa dilalui, karena, hampir 400 Meter tanah menutupi badan jalan, disini juga Bupati Lahat mengintruksikan dinas terkait seperti dinas PUBM, BPBD, dan instansi terkait lainnya, untuk cepat dan segera bergerak membersihkan jalan longsor tersebut.

“Musibah yang melanda Kabupaten Lahat diduga tidak lepas dari campur tangan ulah manusia, dikarenakan masyarakat membuka kebun atau Lahan jadi hutan disepanjang Bukit Barisan Gundul, sehingga, tidak bisa menyerap air curah hujan yang tinggi dan berpotensi air bah dan longsor dikarenakan tanah tidak ada penyangga, lalu, turun ke jalan.

“Bencana telah terjadi, maka dari itu mari sama sama kita bergotong royong membersihkan bekas musibah ini. Dan, solusinya ayo.!! Kita tanam hutan kembali, sayangi hutan, dan kita rawat hutan, serta dapat menjaganya bersama sama,” ungkap Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed