oleh

Pusat Kuliner Ex Taman Kota Resmi Dibuka Bupati Lahat

Lahat, jurnalsumatra.com – Dengan pemotongan pita oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH, artinya pusat kuliner di Eks Taman Kota, yang berlokasi di Jl Mayor Ruslan III kelurahan Pasar Lama kecamatan Kota, Kabupaten Lahat secara resmi telah dibuka. Acara peresmian pusat kuliner tersebut, dilaksanakan pada Rabu tanggal 22 Maret 2023, sekira pukul 09.00 WIB.

Turut hadiri dalam kegiatan itu, Bupati Lahat Cik Ujang SH, Tim Percepatan Pembangunan Pemkab Lahat H.Herman Qumar MM, Kepala Dinas Pasar Yunisa Rahma SP, MM, Kepala Bapedda, Kepala Dinas PUBM Mirza ST, MT, Kadis Pertanian Eti, Lurah Pasar Lama Leo, dan OPD lainnya. Usai dari pemotongan pita, Bupati Lahat beserta rombongan langsung meninjau para pedagang yang sudah menempati lapak-lapak. Karena, dilokasi selain jadi pusat kuliner juga dilengkapi dengan sejumlah permainan anak-anak, taman, kios kuliner, aula untuk kegiatan.

“Alhamdulillah, rencana adanya pusat kuliner di Kota Lahat, sudah terealisasi. Kepada warga ataupun pelaku UMKM di Kota Lahat, manfaatkanlah fasilitas ini untuk mencari nafkah. Ini sudah baik, sudah bagus, tinggal dirapikan dan diramaikan saja,” ucap Cik Ujang, pada Rabu (22/3/2023).

Pesan Bupati Lahat, untuk pengelola jangan terlalu banyak mematok iuran kepada pedagang. Jika iuran itu untuk parkir, kebersihan, listrik, itu bisa dimaklumi. Karena jika terlalu banyak pungutan, nantinya pusat kuliner ini tidak hidup. Pelaku UMKM jadi tidak mau mengisi pusat kuliner ini.

“Saya ingatkan sekali lagi, jangan terlalu banyak iuran, sesuaikan saja. Dan, kalau ada yang nakal segera laporkan,” himbaunya. Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Yunisa Rahman SIP MM mengatakan, bagi para pelaku UMKM dipersilakan mengajukan diri untuk mengisi kios di pusat kuliner ini. Untuk pedagang hamparan di tata di sebelah kanan, nantinya akan dibuat atap agar tidak ada yang pasang atap dari terpal.

“Sengaja dibuka menjelang balan suci ramadhan 1444 H. Nanti kalau mau berbuka, bisa cari pembuka puasa disini. Karena, selain pusat kuliner ini juga bisa menjadi tempat rekreasi bagi warga dengan wahana permainan anak-anak,” tutupnya. Untuk diketahui, Eks Taman Kota tersebut, telah dibangun sejak tahun 2021 lalu, dengan menelan anggaran APBD II Pemkab Lahat sebesar Rp.2,8 Milyar, dan baru diresmikan tahun 2023 ini. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed