oleh

Pengurus Aspenku Kabupaten Muba Resmi Dilantik

Muba, jurnalsumatra.com – Sebanyak 30 peserta perwakilan dari 15 kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengikuti lomba Cipta Menu Beragam Gizi Berimbang dan Aman (B2SA) yang di selenggarakan Pemkab Muba yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan (DPP) Muba, bertempat di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba, Rabu (17/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi meresmikan (launching) Dapur Kreasi Menu B2SA Kabupaten Muba ditandai dengan pemukulan gong dan percobaan mencicipi menu Dapur Kreasi B2SA oleh siswa-siswi tingkat SD yang dihadirkan langsung pada acara tersebut.

“Sesuai dengan intruksi Gubernur Sumsel yaitu untuk mendukung Sumsel Mandiri Pangan Masyarakat Sumsel Sehat Aktif dan Produktif, oleh karena itu hari ini kita di KabuPaten Muba gerak cepat meresmikan Dapur Kreasi Menu B2SA, mudah-mudahan melalui peresmian ini akan tercipta generasi penerus di Kabupaten Muba yang berkualitas dengan asupan makanan dan minuman yang bergizi seimbang,”ucapnya.

PJ Ketua TP PKK Muba Asna Aini Apriyadi juga berpesan kepada pengurus Aspenku yang baru saja dilantik untik menjalankan amanah dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, terutama di bidang kuliner. Istri Pj Bupati Muba ini juga menyebutkan, karena itu pula peran kaum perempuan sangat diandalkan utamanya para ibu untuk mengakampanyekan pangan beragam, bergizi dan berkualitas. Mulai dari pranikah, kehamilan harus sudah dilakukan bimbingan sebagai langkah memerangi stunting/gagal tumbuh demi menciptakan generasi yang aktif dan berkualitas.

“Jadi tepat sekali acara ini. Para ibu-ibu punya peran sangat besar menjadi teladan di tengah godaan banyaknya makanan cepat saji saat ini. Kedepan nantinya Dapur Kreasi Menu B2SA ini juga akan dilaksanakan di di tingkat kecamatan sampai ke desa-desa,” ujar Asna. Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Aspenku Sumsel Bunda Rayya, yang melantik langsung Pengurus Asosiasi Pengusaha Kue dan Kuliner (ASPENKU) Kabupaten Muba Masa Bakti 2023 – 2026.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus Aspenku Kabupaten Muba yang telah dilantik, diharapkan untuk terus bersemangat dan senantiasa berinovasi dalam memajukan kuliner di Kabupaten Muba. Saya juga mengapresiasi Kabupaten Muba yang telah melaksanakan lomba cipta menu B2SA, semoga angka stunting dapat menurun dan tercipta generasi penerus di Muba yang berkualitas,”ujar Bunda Rayya.

Sementara itu Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba Ali Badri ST MT menyampaikan, bahwa melalui lomba Cipta Menu B2SA ini diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi  bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi seimbang. Disamping itu pula untuk memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed