oleh

Puluhan Pembalap Motor Bersaing di Terminal Batay

Lahat, jurnalsumatra.com – Secara resmi cabang olahraga (Cabor) balap motor, yang dipusatkan dikawasan Sirkuit Terminal Batay, dikelurahan Pagar Agung kecamatan Kota Lahat, Kabupaten Lahat. Cabor balap motor tersebut, diikuti oleh 36 Pembalap dari 10 Kabupaten/Kota bersaing memperebutkan 4 Mendali Emas pada 4 (Empat) kelas berbeda diajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XIV tahun 2023.

“Benar, event motor yang kita gelar ini menggunakan jenis Yamaha MX-King standar pabrik. Hanya saja beberapa komponen yang diganti, selebihnya termasuk mesin masih asli dari Pabrik,” ungkap Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Lahat, Imawan SE, pada Sabtu (23/9/2023). Untuk itu, dirinya berharap kedepan, agar Event serupa dapat mengundang ataupun melibatkan Sponsor, dapat mengadakan Turnamen Balap Motor yang dalam kategori bebek, metic hingga motor dengan CC besar sekalipun.

“Semoga saja, setelah event dua tahunan ini akan dilakukan balap motor. Dan Kabupaten Lahat akan merasa bangga ditunjuk sebagai tuan rumah,” ulasnya. Sementara, Bupati Lahat H. Cik Ujang SH menyampaikan, bahwasannya pagelaran Cabang Olahraga (Cabor) balap motor ini, tentu saja akan mewakili Provinsi Sumsel untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Maka dari itu, kiranya dalam event ini dapat dilaksanakan dengan fair play. Gunakan skill (keterampilan) gaya membalap masing-masing, hanya saja jangan berbuat curang, dan tetaplah junjung tinggi sportifitas sesama pembalap,” pesan H. Cik Ujang. Yang jelas, sambung Bupati Lahat, dari 10 Kabupaten/Kota tentu saja menurunkan pembalap-pembalap terbaik, untuk merebut Mendali Emas, sehingga, persaingan dipastikan ketat sekali.

“Ini cabang olahraga (Cabor) cukup bergengsi. Karena, Mendali Emas hanya 4 buah untuk 4 kategori, juga Perak dan Perunggu dengan jumlah sama,” ulasnya. Harapan kedepan dengan digelarnya Event ini, disampaikan H. Cik Ujang SH, bisa muncul bibit-bibit unggul dari Cabang Olahraga (Cabor) balap motor ini, dan bisa membawa nama harum kontingen dan juga Provinsi.

“Juga, dilokasi ini (Terminal Batay) akan menjadi areal bagi pembalap yang ingin menjajal ataupun sekedar latihan. Semua ini untuk meminimalisir aksi balap liar dihalaman umum,” cetus Bupati Lahat. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed