oleh

Reses Tahap III 2023 Anggota DPRD Sumsel Dapil 2 Adakan Dialog dengan Masyarakat

PALEMBANG, Jurnal Sumatra – Dalam rangka menyerap aspirasi konstituen, seluruh anggota DPRD Sumsel Daerah Pemilihan (Dapil) 2 kembali melakukan kegiatan reses.

Kali ini reses tahap 3 tahun 2023 dilaksanakan mulai tanggal 15 – 23 Oktober 2023 di sejumlah titik di wilayah pemilihan Kota Palembang.

Seperti pada kegiatan reses Selasa, 17 Oktober 2023, para anggota Dapil 2 yang terdiri dari Dr H Budiarto Marsul SE MSi (Gerindra), Tamtama Tanjung (Demokrat), Ir H Zulflkri Kadir (PDIP), M Yansuri SIP (Golkar), Anwar Al Syadat SSi MSi (PKS), H Nopianto SSos MM (Nasdem), serta Antoni Yuzar (PKB) memulai reses dengan melakukan di titik pertama sekira pukul 08.00 – 09.30 WIB.

Reses Tahap III 2023
Kegiatan Reses Tahap III Anggota DPRD Sumsel Dapil II Hari Pertama, diaera PT. Indofood CBP Sukses Makmur lalu di PT. TSM serta di Kelurahan Alang Alang Lebar

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Sumsel mengadakan dialog interaktif di lingkungan sekitar PT Indofood CBP Sukses Makmur Palembang Jl HBR Motik KM 8, Karya Baru, Kecamatan Alang-alang Lebar.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di halaman depan kantor PT Indofood ini, dihadiri juga antara lain Diki Irawan (Kacab PT Indofood)) didampingi sejumlah manager seperti Manager Keuangan dan Manager SDM, Camat Alang Alang Lebar yang diwakili Sekcam dan Lurah Karya Baru, tokoh masyarakat di sekitar wilayah Ring I PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Selain mendengarkan paparan kondisi perusahaan, berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat juga disampaikan pada kesempatan ini. perwakilan warga Hernani Ketua RT 18 yang menyebutkan bahwa dulu posyandu di lingkungannya dibantu PT Indofood namun sekarang tidak dapat lagi.

“Jadi mohon kiranya dibantu untuk mendapatkan sentuhan lagi dari pihak Indofood,” ujarnya.

 

Kegiatan Reses Tahap III Anggota DPRD Sumsel Dapil II Hari kedua mendengar Aspirasi Masyarakat di Kelurahan 13, 14 16,17, dan 18 Ilir kota Palembang.

Anggota DPRD Anwar Al Syadat menyampaikan aspirasi kepada pimpinan pabrik dari aspirasi warga Karya Baru bahwa merasa kurang diperhatikan diantaranya dari RT 32, RT 19, RT 18. Dan RT 26. Tamtama Tanjung juga menyampaikan aspirasi warga Ring I perusahaan yang mempertanyakan dana CSR dari PT Indofood.

Ahmad Yansuri mengusulkan ada fasilitas mesin ATM terutama Bank Sumselbabel di depan lokasi PT Indofood dalam rangka mempermudah masyarakat bertransaksi.

H Nopianto juga mengingatkan agar PT Indofood yang sudah menjadi perusahaan besar selalu peduli dengan masyarakat Ring I secara maksimal.

Diki Irawan, Kepala cabang PT Indofood menjawab semua aspirasi ini dengan menyatakan bantuan Posyandu yang dulu rutin dilakukan akan segera diteruskan kembali. Usulan adanya fasilitas mesin ATM akan segera ditampung dan dirinya berjanji akan memaksimalkan penyaluran dana CSR kepada masyarakat sekitar perusahaan
Koordinator Dapil 2, H Budiarto menyebutkan reses tahap 3 tahun 2023 menyebutkan bahwa anggota DPRD Sumsel Dapil 2 kali in menyerap berbagai aspirasi.

Selanjutnya, reses kali ini dilaksanakan juga di lokasi, di lingkungan sekitar PT Tirta Sriwijaya Mandiri Palembang Komplek Citra Grand City, Talang Kelapa, Kel AAL Palembang dengan dialog interaktif bersama masyarakat.

Pada kesempatan ini pertemuan dilaksanakan di halaman kantor PT TSM. Selain mendengarkan paparan kondisi perusahaan TSM, anggota Dapil 2 juga menyerap aspirasi masyarakat.

Anggota Dapil 2, Zulfikri Kadir mempertanyakan kinerja SDM PT TSM terkait banyaknya keluhan warga terhadap pelayanan. Antoni Yuzar juga mempertanyakan pelayanan terkait banyaknya keluhan warga.

“Kenapa warga tak diundang banyak karena banyak keluhan warga, kecewa dengan pelayanan baik di dewan dan pemerintah sudah banyak keluhan. Dak perlu untung banyak kalau banyak konsumen yang ngeluh. Air diisi setengah penampungan besok airnya dibuang karena kualitas tidak bagus. Sumpah serapah masyarakat air mahal padahal sudah dikelola perusahaan daerah. Tidak wajib dapat untung kalau pelayanan dak dirasakan masyarakat. Asas manfaat yang dirasakan masyarakat yang penting,” ujar Antoni.

Begitu pula dengan H Nopianto, Tamtama Tanjung, Yansuri, Anwar Al Syadat yang juga mempertanyakan kinerja PT TSM.

Perwakilan masyarakat Ketua RT Kompleks Grand City yang menyebutkan bahwa dulu pernah dicuci pipa penyaluran air ke mereka dari PT TSM namun 6 bulan ini kotor lagi.

“Alat uji layak water meter dan penggantian meteran tanpa biaya. tagihan mahal bisa terjadi meteran yang cepat berputar. Jadi putaran air itu perhatikan juga oleh TSM. Manajemen pencatatan lebih profesional jangan diserahkan pihak ke3 Kubikasi harus sesuai,” ujarnya.

Selanjutnya sekira pukul 11.00 – 12.30 WIB menyerap aspirasi masyarakat dan dialog interaktif di lingkungan sekitar Kelurahan Alang Alang Lebar Lingkungan Kelurahan Alang Alang Lebar Kecamatan AAL. Pada kesempatan ini Koordinator Dapil II, H Budiarto mengatakan kedatangannya beserta rombongan untuk bersilturahmi, berkomunikasi aspirasi yang perlu diperjuangkan bersama. Informasi perkembangan pemerintahan termasuk pemilu yang ikut serta dan jaga kondisi daerah jangan sampai terpecah. Beda pilihan tak masalah jangan sampai terpecah belah.

Pada kesempatan ini adanya usulan warga yaitu usulkan parit Sungai Rumbe, usulan agar tikungan tajam di depan RS Erba diperbaiki. Ketua RT 01 AAL sampaikan aspirasi drainase jalan utama yang banjir pada musim hujan. Hambatannya drainase dari km 11 sampai pasar KM 12 air banyak hambatan dari ilir ke ulu. Adanya keluhan Perum Griya Bahagia belum diserahkan ke pemerintah

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD H Nopianto menyampaikan kondisi banjir, saluran drainase memang krusial dan momok, untuk itu Kami di Komisi IV dibantu kawan-kawan dari Dapil II akan membantu. Segera kami berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan. Namun perlu kami ingatkan bahwa ada kewenangan pemerintah pusat karena itu jalan negara, ada juga jalan provinsi dan kota, katanya.

Ahmad Yansuri juga menanggapi hal yang sama. Keluhan warga ini akan segera ditindaklanjuti dengan memilih, memilah dan menyalurkan aspirasi sesuai dengan kondisinya.

“Jika memang masuk ranah provinsi maka kami akan tampung dan teruskan ke Paripurna. Namun jika masuk ranah kota Palembang akan pula kami kawal dengan menyampaikan ke pihak berkepentingan dari kota Palembang,” ujarnya.

Koordinator Dapil 2, Dr Budiarto mengatakan “Reses ini untuk bersilaturahmi, berdiskusi, mendengarkan apa aspirasi masyarakat di Dapil kami. Mungkin ada info tentang persoalan sosial, pembangunan dan sebagainya. Semoga bisa kita musyawarahkan,” ujarnya.

Berbagai keluhan dan aspirasi warga seperti keluhan sistem zonasi, jarak tempat tinggal dan prioritas siswa yang ada dekat sekolah. :Kelurahan Srijaya yang ada kedekatan dengan beberapa SMA. Kami mempertanyakan bagaimana sistem zonasi,” ujarn salah seorang warga. Selanjutnya, ada juga keluhan mekanisme berobat gratis. “BPJS saya nunggak mau pindah ke KIS,” Ujar Wargan.

Pada kesempatan ini ada juga keluhan prihal lokasi pemakaman dan kebersihan. “Mohon hibah ada lahan untuk pemakaman dan tempat sampah karena di tempat kami tidak ada,” ujar Saini, salah seorang warga.

Berikut Lokasi dan waktu dialog

12.30 – 14.00 WIB Menyerap aspirasi masyarakat dan dialog interaktif dilingkungan sekitar Puskesmas Srijaya Lingkungan sekitar Puskesmas Srijaya
14.00 – 15.30 WIB Menyerap aspirasi masyarakat dan dialog interaktif dilingkungan sekitar Puskesmas Alang Alang Lebar Lingkungan sekitar Puskesmas Alang Alang Lebar
15.30 – 17.00 WIB Menyerap aspirasi masyarakat dan dialog interaktif dilingkungan sekitar Kantor Camat Alang Alang Lebar Lingkungan sekitar kantor Kecamatan Alang Alang Lebar. Pada kesempatan ini Sekcam mengawali pertemuan dengan mempersilahkan warganya untuk menyampaikan aspirasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed