oleh

Empat Dosen UMSU Dikukuhkan jadi Guru Besar

Medan, jurnalsumatra.com – Empat dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dikukuhkan sebagai guru besar untuk berbagai disiplin ilmu melalui sidang senat terbuka yang digelar di auditorium kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan.

Rektor UMSU Prof Agussani di Medan, Selasa. (26/12/2023) mengatakan, keempat dosen yang dikukuhkan sebagai guru besar itu adalah Prof Dr R Sabrina (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen), Prof Dr Ida Hanifah (Guru Besar Bidang Ilmu Hukum), Prof Dr Emilda Sulasmi (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan) dan Prof Dr Siti Mujiatun (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen).

Dengan dikukuhkannya empat dosen itu menjadi guru besar, maka saat ini UMSU sudah memiliki 16 orang guru besar. Ke depan, pihaknya akan terus mendorong dan memfasilitasi para dosen untuk meraih jabatan tertinggi sebagai guru besar. “Dikukuhkannya empat guru besar perempuan ini, tentunya merupakan sejalan dengan target UMSU sebagai kampus yang terakreditasi unggul,”katanya.

Ke depannya, UMSU terus berupaya memberikan motivasi kepada para dosen dengan berbagai program, di antaranya penyediaan dana penelitian dan bantuan berupa insentif publikasi jurnal ilmiah, terakreditasi nasional dan internasional terindeks Scopu untuk mencapai guru besar.

Dikukuhkannya empat dosen UMSU perempuan itu menjadi guru besar juga mendapat apresiasi dari Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir.

Dia menyampaikan pesan, kampus dan dunia akademik harus selalu menyebarkan nilai-nilai kebenaran. Guru besar sejatinya adalah pendekar yang menjadi benteng ilmu, seni dan budaya serta benteng akhlak dan benteng peradaban.

“Ilmu juga mengajarkan etika, moral dan akhlak karena dunia ilmu dan akademik telah ditanamkan. Manusia harus hidup berdasarkan value atau nilai, itulah yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain,”katanya.

Pada orasi ilmiah, Prof Sabrina yang merupakan Sekda Sumut periode 2018-2021 menceritakan alasannya memilih gabung di dunia akademik bersama UMSU. Dia mengapresiasi UMSU karena memiliki beberapa item yang mumpuni, terlihat dari capaian akreditasi unggul.

“UMSU memiliki visi misi dan kebijakan yang dijabarkan secara visioner dan akuntabel yang direalisasikan dengan nyata untuk pengembangan Lembaga mahasiswa maupun dosen. UMSU memiliki percepatan guru besar yang profesional, termasuk saat ini kami meraih capaian guru besar,”katanya.(net)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed