oleh

Puluhan ODGJ Panti Sosial di Jambi Ikut Nyoblos pada Pemilu 2024

Jambi, jurnalsumatra.com – Puluhan penderita gangguan mental atau Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Panti Sosial Bina Remaja dan Wanita (PSBRW) Harapan Mulya di Talang Bakung Kota Jambi mengikuti pencoblosan pada Pemilu 2024.

“Yang ikut nyoblos ada 48 orang,”kata Pengurus PSBRW Harapan Mulya Titi Yeni di Jambi, Kamis (15/2/2024). Puluhan ODGJ ini menggunakan hak pilihnya di TPS 29 RT 039 Kelurahan Bakung Jaya Kota Jambi.

Saat di TPS mereka mengikuti antrean seperti masyarakat pada umumnya. Mereka juga tertib mengikuti antrean pemanggilan giliran masuk ke bilik suara dan mengikuti arahan dari petugas TPS.

Saat nama mereka dipanggil, terdapat satu petugas yang mendampingi mereka. Titi menjelaskan bahwa petugas hanya membantu membuka dan melipat surat suara. Titi Yeni menyebutkan, pihaknya menjamin netralitas petugas saat mendampingi ke bilik suara.

Aktivitas pencoblosan yang dilakukan oleh ODGJ ini juga menarik perhatian masyarakat sekitar. Warga juga terlihat ikut meramaikan TPS ketika penderita gangguan mental itu ikut melakukan pencoblosan. Berdasarkan data KPU Provinsi Jambi, tercatat sebanyak 2.628 ODGJ di daerah setempat bisa menggunakan hak pilih suara pada Pemilu 2024.

KPU telah memastikan, ODGJ yang masuk DPT itu adalah mereka yang tidak mengalami gangguan kejiwaan yang berat sehingga masih bisa menggunakan hak suaranya.

Total terdapat 11.895 penyandang disabilitas di daerah setempat yang bisa menggunakan hak pilihnya meliputi 4.998 penyandang disabilitas fisik, 654 disabilitas intelektual, 2.628 disabilitas mental,1.853 sensorik wicara, 516 sensorik rungu dan 1.246 tuna netra.(net)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed