oleh

Satu KPPS di Natuna Dekorasi TPS Seperti Kerajaan Melayu

Natuna, jurnalsumatra.com – KPPS di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau.mendekorasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 06 Kelurahan Ranai Darat seperti ruangan pertemuan kerajaan kerajaan melayu.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Natuna Raja Devi di Natuna, Kamis (15/2/2024) mengatakan, setiap TPS yang unik akan diberikan penghargaan oleh pihaknya. “TPS unik dan mampu meningkatkan partisipasi pemilih akan kita berikan penghargaan,”ucap dia.

Sementara, Ketua KPPS 06 Kelurahan Ranai Darat Idrus mengatakan di bagian depan ruangan TPS mereka menyediakan tepak sirih lengkap dengan isinya. Kata dia, sirih yang disediakan boleh dimakan oleh pemilih yang datang memilih.

“Konsep ini merupakan ide bersama dari teman-teman KPPS,”ucap dia. Kemudian untuk di dalam ruangan mereka menghiasinya dengan kain-kain khas, yang biasanya digunakan untuk mendekorasi pelaminan pengantin adat melayu.

Kain yang yang ditempelkan didinding ruangan didominasi oleh warna merah yang dikombinasikan dengan warna kuning, hijau dan ungu. Selain itu, pihaknya juga menyajikan cemilan berupa kue-kue khas melayu di dalam talam yang ditutupi dengan tudung saji yang terbuat dari daun.

Para petugas KPPS laki-laki menggunakannya baju kurung melayu lengkap dengan tanjak dan kain songket. Sedangkan petugas KPPS wanita menggunakan baju kurung lengkap dengan aksesoris seperti mahkota di bagian kepala.

“Ini salah satu bentuk dukungan masyarakat melayu dalam menyukseskan Pemilu 2024,”ujar dia. Tujuannya lain mereka menghiasi TPS tersebut sambung dia, untuk melestarikan budaya warisan para leluhur mereka.

Ia mengaku niat utama mereka menghiasi TPS adalah untuk memeriahkan Pemilu 2024. “Sebenarnya di ruang tunggunya kami tidak mau pake kursi, maunya kami pemilih duduk di lantai seperti zaman dulu, tapi tidak jadi,”imbuh dia.(net)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed