oleh

Seorang Wanita di Banda Aceh Bawa 10 Surat Suara Sudah Dicoblos

Aceh, jurnalsumatra.com – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh memeriksa seorang warga yang diamankan karena membawa 10 lembar surat suara yang sudah dicoblos untuk Caleg tertentu.

Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh Ely Safrida di Banda Aceh, Kamis (15/2/2024) mengatakan, warga diperiksa tersebut seorang wanita yang diamankan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di sebuah tempat pemungutan suara (TPS) di Banda Aceh.

“Saat ini, yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan atas dugaan pelanggaran Pemilu. Pemeriksaan juga melibatkan tim penegakan hukum terpadu atau Gakkumdu dari kepolisian dan kejaksaan,”kata Ely Safrida.

Ia menyebutkan, pihaknya juga belum mendapatkan informasi secara detail apakah surat suara yang sudah dicoblos tersebut sudah dimasukkan ke kotak suara atau belum.

Sebab kata dia, pihaknya belum memintai keterangan dari KPPS. Termasuk dari mana warga tersebut mendapatkan surat suara tersebut dan siapa orang yang menyuruh. Dugaan pelanggaran ini masih berproses dengan memintai keterangan para pihak.

“KPPS belum bisa kami mintai keterangan. Dari informasi awal kami terima, yang bersangkutan memang tercatat dalam daftar pemilih tetap atau DPT di TPS tersebut,”kata Ely Safrida.

Sebelumnya, seorang wanita dilaporkan diamankan petugas KPPS di sebuah TPS di Kampung Keuramat Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh karena diduga membawa 10 lembar surat suara yang sudah dicoblos. Surat suara tersebut sudah dicoblos sejumlah calon anggota legislatif untuk pemilihan DPR RI dari beberapa partai politik.(net).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed