oleh

Jelang Pilkada, Elektabilitas Apriyadi Makin Meningkat

MUBA, Jurnalsumatra.com – Setelah beberapa lembaga survei yang kredibel release hasil survei dan mengunggulkan H Apriyadi, dalam elektabilitas calon-calon bupati Kabupaten Musi Banyuasin yang akan bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan.

Kali ini, temuan survei dari Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) juga mengunggulkan elektabilitas PJ Bupati Muba H Apriyadi dalam persaingan pilkada serentak yang akan digelar 27 November 2024.

Kuatnya dukungan pria yang meraih peringkat empat penjabat (PJ) bupati terbaik di seluruh Indonesia ini, disebabkan tingkat kepercayaan masyarakat yang cukup tinggi dengan kinerja tingkat kepuasan yang selama ini dikerjakan oleh H Apriyadi selama lebih kurang satu tahun delapan bulan menahkodai kabupaten Muba.

“Temuan survei menunjukkan elektabilitas H Apriyadi mulai naik signifikan secara statistik. Seingat saya, elektabilitas calon bupati, melalui pertanyaan terbuka (secara spontanitas) responden memilih nama bupati Muba yang tinggi adalah H Apriyadi sebanyak 48,8 persen,” ujar Direktur eksekutif LKPI, Arianto, ST, M.Ikom,Pol ketika dibincangi media, Senin (4/3/2024).

Nama-nama calon bupati lainnya masih berada di bawah 7 persen. Jelasnya lagi, Massa yang belum menentukan pilihan 37,3 persen, angka persisnya untuk calon lainnya saya lupa.

“Secara statistik elektabilitas H Apriyadi tersebut tergolong unggul signifikan. Pada survei terakhir, elektabilitas H Apriyadi unggul dari kandidat lainnya,” ungkapnya.

Mantan Koordinator peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini menambahkan, pada uji simulasi pertanyaan semi terbuka dengan menyodorkan beberapa nama-nama calon Bupati Muba dan responden boleh menjawab di luar nama tersebut.

“Elektabilitas kandidat Doktor ilmu administrasi pemerintahan Unsri ini tetap konsisten berada di urutan pertama,” tandasnya.

Termasuk pada uji simulasi tertutup para calon bupati untuk mengetahui tingkat kemantapan pemilih. Lanjutnya, elektabilitas mantan Kadis pendidikan Muba ini masih unggul dibandingkan calon-calon bupati lainnya.

“Pada uji simulasi tertutup tiga nama calon bupati yang digadang-gadangkan akan maju di pilkada Muba, dukungan terhadap H Apriyadi mencapai angka 63,7 persen. Dua nama lainnya masih berada di bawah 13 persen dan massa yang belum menentukan pilihan 9,2 persen,” terangnya.

Demikian juga, lanjutnya lagi, pada uji dua nama calon secara tertutup, elektabilitas H Apriyadi berada di kisaran 69 – 70 persen.

“Tadinya, pada survei bulan Febuari 2023, simulasi tiga nama dan dua nama calon bupati menunjukkan dukungan H Apriyadi masih seimbang dengan Beni Hernedi dan Lusianti,” ucapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed