268 Peserta Siap Berlaga Di Musi Triboatton 2017

    Lubuklinggau, Sumatera Selatan, jurnalsumatra.com – Sebanyak 268 peserta dari dalam dan luar negeri siap berlaga pada lomba dayung Internasional Musi Triboatton 2017 di Sumatera Selatan, 7-11 November.
“Total jumlah peserta adalah sembilan belas tim dari dalam dan luar negeri. Peserta internasional sebanyak 9 tim berasal dari China, Kanada, Prancis, Yordania, Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia), Melaka (Malaysia), Brunei Darussalam, dan Filipina,” kata Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Asdep Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata RI Ni Putu Gayatri di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Senin.
Peserta dalam negeri, lanjut dia, sebanyak 10 tim berasal dari Sumatera Barat, Jawa Timur, Bangka Belitung, Jambi, Riau, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan I, dan Sumatera Selatan II.
Ia mengatakan lomba dayung bertaraf internasional ini mempertandingkan nomor arung jeram, kano, dan perahu naga.
Lomba tahunan ini terbagi menjadi lima etape yang berbeda dengan total jarak tempuh mencapai 500 Kilometer, kata dia.

    “Etape 1 – Desa Terusan, Kab. Empat Lawang. Etape 2 – Muara Kelingi, Kab. Musi Rawas. Etape 3 – Sekayu Waterfront Kab. Muba. Etape 4 – Dermaga Pangumbuk Kab. Banyuasin. Etape 5 – Benteng Kuto Besak, Kota Palembang,” ujar dia.
Ia mengatakan lomba dayung ini dapat memperkenalkan aset wisata alam serta potensi daya tarik wisata di Provinsi Sumatera Selatan.
“Selain itu, memberdayakan potensi daerah secara maksimal, sehingga dapat mengoptimalisasi manfaat sumber daya yang tersedia dan memberikan sarana hiburan dan rekreasi kepada masyarakat Provinsi Sumatera Selatan maupun wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya pecinta olahraga,” kata dia.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan, Kunjungan wisatawan mancanegara ke Palembang tercatat 1.120 orang per Agustus 2017 atau meningkat 15,23 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.
Kenaikan tersebut terjadi seiring Palembang banyak menggelar ajang skala nasional dan internasional.
Peningkatan jumlah wisatawan mancanegara pada Agustus 2017 ini jika dibandingkan Juli 2017, yang paling besar berasal dari Malaysia 114 orang, kemudian diikuti Taiwan 37 orang dan Singapura 26 orang.(anjas)

Leave a Reply