Bertahun Tahun Desa Karang Rejo Tak Miliki Bidan

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Sungguh miris dengan desa desa lainnya yang ada di Kabupaten Lahat. Pasalnya, sudah bertahun tahun warga Desa Karang Rejo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat apabila hendak memeriksa kesehatan maupun untuk melahirkan, warga setempat harus berlari ke desa tetangga.

“Sudah bertahun tahun tidak ada bidan di Desa kami. Jadi, saat hendak memeriksa kesehatan ataupun mau melahirkan warga disini harus berlari kedesa tetangga,” ungkap Novi (42) warga Desa setempat yang berhasil diwawancarai wartawan Selasa (27/2/2018).

Sampai saat ini, sambung Novi, warga tidak mengetahui apa alasannya tidak adanya bidan Desa. Dulunya sempat ada yang bertugas disini, namun, tidak lama. “Kesusahan warga di Desa Karang Rejo yang dirasakan selama bertahun tahun ini, ketika ada warganya hendak melahirkan. Sehingga, warga harus menempuh jarak yang sangat jauh guna memeriksa atau melakukan cekk. Sedangkan, untuk sampai kedesa tetangga akses jalan yang cukup parah,” tukasnya.

Selain medan yang cukup memprihatinkan, dijelaskan Novi, membuat warga tetap memaksakan diri harus sampai kedesa tetangga. Mirisnya, apalagi ada warga yang hendak melahirkan dan membutuhkan bantuan persalinan.

“Untuk sampai kedesa tetangga cukup berat, karena akses jalannya sudah sangat memprihatinkan. Jadi, harapan kami kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, supaya menyediakan bidan desa disini,” pinta Novi.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM menuturkan, sejauh ini jumlah bidan yang ada total 289 orang.

“Idealnya, setiap desa satu bidan, Lahat sendiri ada 370 desa, distribusi kita tidak merata saat sudah senior lari ke Rumah Sakit, akhinya ada kesenjangan,” kata Rasyidi, seraya menambahkan, realitasnya masuk akal, tapi ada beberapa orang diuar itu yang sulit menerima kondisi desa. Sedangkan untuk segi peraturan sudah ada pengangkatan tenaga kontrak, itu kalau anggaran daerah memungkinkan. (Din)

Leave a Reply