BSB Kucurkan Pinjaman Komersil ke PDAM Tirta Musi

Jurnal Sumatra - 22/10/2020 7:10 PM
BSB Kucurkan Pinjaman Komersil ke PDAM Tirta Musi
 - (Jurnal Sumatra)
Editor

Palembang, jurnalsumatra.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang bersama PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Sumsel Babel, resmi melakukan penandatanganan MoU tentang Pengelolaan Keuangan dan Jasa Perbankan Lainnya. Penandatangan yang langsung disaksikan Walikota Palembang H.Harnojoyo ini berlangsung, Kamis (22/10/2020) di rumah dinas Walikota Palembang, untuk mendukung percepatan investasi perusahan, sehingga kekurangan kapasitas produksi bisa dikejar dan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Untuk percepatan itu kita butuh dana pihak lain. Alhamdulillah BSB mau membiayai salah satu instalasi water treatment kita di Karang Anyar 2 yang kapasitasnya bila selesai 500 liter/detik, 1 liter/detik untuk 40 pelanggan sehingga total operasional bisa melayani 40 ribu pelanggan,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya. Dari kerja sama yang dilakukan itu, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Sumsel Babel mengucurkan dana pinjaman komersil ke Perusahaan daerah milik Pemerintah Kota Palembang, PDAM Tirta Musi senilai Rp 93 Miliar.

Andi mengungkapkan, selama ini yang menjadi PR dari PDAM adalah kapasitas produksi air bersih yang minus jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan. Saat ini saja ada 15 ribu calon pelanggan baru yang masih menunggu kepastian proses pemasangan.  “Saat ini saja produksi air 4000 liter perdetik untuk total 293.874 Sambungan Rumah (SR), masih minus 385 liter perdetik. Jadi, banyaklah pelanggan dari pada hasil produksi,” ujarnya.

Pinjaman komersil sebesar Rp 93 Miliar juga mempertimbangkan kondisi perusahaan yang diakui Andi, sangat sehat. Kerjasama ini akan berlangsung selama 10 tahun.”Dengan percepatan investasi, kita juga dapat insentif dari World Bank yang diberikan dalam bentuk aset sebesar 30 persen, baik bentuknya pompa dan pipa. Rp 93 Miliar ini akan digunakan untuk instalasi air minum saja,” katanya

Direktur Utama PT BPD BSB, Achmad Syamsudin menilai dalam kondisi pandemi seperti sekarang perlu stimulus untuk menggerakkan ekonomi di Sumatera Selatan, tak terkecuali bagi Kota Palembang.  “Kita harap sinergi antar BUMD ini akan menggerakkan roda ekonomi. Kami siap untuk selalu mendukung mengenai sarana dan prasarana yang masih ingin dikembangkan,” katanya.

Terlebih, dari sisi kinerja, PDAM Tirta Musi salah satu BUMD dengan hasil kinerja yang cukup baik. Syamsuddin pun berharap sinergi yang dibangun akan sejalan dengan visi dan misi PD untuk berkontribusi ke masyarakat, meningkatkan kontribusi pembangunan dan mengentaskan Kemiskinan. “Rp 93 Miliar ini akan dikucurkan bertahap, akan ada evaluasi setiap tahun untuk melihat kinerja dan perkembangan pembangunan instalasinya,” tutupnya.(rlls)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 739
  • 64
  • 4,753,757
  • 1,944,877
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip