Bupati: Kabupaten Sitaro bebas COVID-19 karena antisipasi sejak awal

Jurnal Sumatra - 15/10/2020 12:02 PM
Bupati: Kabupaten Sitaro bebas COVID-19 karena antisipasi sejak awal
 - (Jurnal Sumatra)
Editor

Jakarta, jurnalsumatra.com – Bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara Evangelian Sasingen mengemukakan kabupaten yang ia pimpin bisa bebas dari COVID-19 karena melakukan antisipasi dan sosialisasi sejak awal pandemi pada Maret lalu.

“Sejak awal Maret kami sudah antisipasi, sebelum Presiden menetapkan bahwa di Indonesia telah ada COVID-19, kami sudah mulai menyosialisasikan ke masyarakat,” ujar Bupati Sitaro Evangelian dalam diskusi yang diselenggarakan Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB di Jakarta, Kamis.

Sosialisasi tentang munculnya penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu dilakukan lewat rumah-rumah ibadah dan tokoh-tokoh masyarakat untuk mempermudah penyaluran informasi sampai ke akar rumput.

Setelah muncul kasus pertama COVID-19 di Indonesia, Evangelian langsung membentuk Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di tingkat kabupaten sampai ke tingkat kampung-kampung. Akses masuk ke daerah itu lewat kota Manado juga langsung dibatasi.

Selain itu, pemerintah daerah juga membangun rumah isolasi di tingkat desa sampai kabupaten untuk para pengunjung luar daerah. Orang-orang yang masuk ke Sitaro harus melakukan isolasi selama dua pekan sebelum bisa kembali ke rumah.

Meski kasus positif sempat muncul lewat klaster pasar beberapa bulan lalu, daerah itu kini berstatus zona hijau yang tidak memiliki kasus aktif. Namun, pemerintah daerah tetap meminta masyarakat untuk melakukan dengan ketat protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau 3M.

“Walaupun zero, tetapi masyarakat tetap harus patuh terhadap protokol kesehatan,” tegas Evangelian.(anjas)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 5
  • 2,631
  • 520
  • 4,581,328
  • 1,904,731
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip