Dinas Lingkungan Hidup Banda Aceh ajak warga pilah sampah di rumah

Jurnal Sumatra - 24/09/2020 10:19 AM
Dinas Lingkungan Hidup Banda Aceh ajak warga pilah sampah di rumah
 - ()
Editor

Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh mengajak warga setempat  agar melakukan pemilahan sampah di rumah, terutama memanfaatkan waktu senggang masa pandemi COVID-19.

  “Pada tahun 2020 ini, ada sekitar 22 persen target kita melalui Perwal (Peraturan Wali Kota) Nomor 46 Tahun 2018 tentang Kebijakan Strategi Pengelolaan Sampah di Banda Aceh,” ucap Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani di Banda Aceh, Rabu.

  Ia mengaku telah melakukan kampanye gerakan “World Cleanup Day/WCD” lewat aksi memilah sampah pada rumah warga di Gampong (Desa) Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Sabtu (19/9).

  Gerakan tersebut merupakan aksi nyata dalam mengaktualisasikan kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh, komunitas peduli lingkungan, dan masyarakat setempat.

  Melalui gerakan ini, pihaknya mengharapkan partisipasi warga kota melakukan pemilahan sampah lebih meningkat dalam mengurangi volume sampah. “Khususnya sampah rumah tangga, dan sejenisnya sampai 22 persen hingga akhir tahun ini,” kata Hamdani lagi.

  Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK3 Banda Aceh, Hendra Gunawan, mengaku, pihaknya telah datang mengunjungi rumah warga yang masih melakukan pembakaran sampah, dan sekaligus mensosialisasi pemilahan sampah dengan pengumpulan di satu titik telah ditentukan.

  Ia mengatakan, sejak dilakukan pembinaan oleh DLHK3 Banda Aceh tahun 2015, makan Gampong Alue Deah Teungoh telah memiliki sebanyak 10 depo WCP dengan masing-masing terdiri dari 20 hingga 30 rumah.

  “Sampah yang sudah dipilah ini akan kita banderol sesuai dengan harga pasar. Selain dapat menjaga agar lingkungan tetap bersih, program ini juga membuat sampah memiliki nilai ekonomi,” jelas dia.

  “Sehingga TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Kota Banda Aceh yang biasanya menerima sampah dari warga, khususnya sampah residu dapat terus berkurang,” kata Hendra.(anjas)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 3
  • 4,546
  • 811
  • 4,583,243
  • 1,905,022
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip