Dinas Perkebunan Muaraenim Gali Ilmu Petani

MUARAENIM, Sumsel, jurnalsumatra.com – Untuk meningkatkan kemampuan lembaga petani dengan harapan bisa memberikan pemahaman para petani terhadap kelembagaan petani adalah tujuan utama Dinas Perkebunan (Disbun) Muaraenim helat gelaran Sosialisasi Kelembagaan Petani.

Hal itu dikatakan Kepala Disbun Muaraenim Ir. Mat Kasrun. M.Si saat ditemui jurnalsumatra.com tadi siang Jum’at (13/7/2018) di ruang kerjanya.

Mat Kasrun menambahkan bahwa upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, dalam hal ini Disbun Muaraenim terhadap peserta sosialisasi yang diikuti sebanyak 70 peserta terdiri dari ketua kelompok tani dan anggota kelompok tani yang berasal dari wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim dengan mendatangkan narasumber berasal dari Dinas Pertanian Pangan dan Hultikultural Provinsi Sumatera Selatan.

Dilanjutkan Mat Kasrun, Sosialisasi yang diadakan di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muaraenim, Rabu (11/7/2018) tersebut sangat perlu sekali dalam menunjang pengetahuan bagi para petani di Kabupaten Muaraenim.

“Alhmdulillah Pemkab Muaraenim sangat mendukung sekali dengan digelarnya sosialisasi lembaga tani, karena dengan adanya kegiatan seperti ini dapat  memberikan pengetahuan kepada petani bagaimana cara penumbuhan dan pengembangan kelembagaan petani, meningkatkan jumlah kelembagaan petani yang tumbuh dari kelembagaan petani seperti Poktan dan gapoktan,” terangnya.

Tak hanya itu saja, ia berharap dalam upaya menuju pembangunan pertanian di Kabupaten Muaraenim tentunya peran kelembagaan pertanian perlu didorong untuk memberikan kontribusi terhadap hal tesebut.

“Karena itulah kelembagaan petani menjadi sebuah penggerak utama untuk mencapai kemajuan pertanian khususnya di Kabupaten Muaraenim dan kelompok tani menjadi salah satu kelembagaan pertanian yang berperan penting dan menjadi ujung tombak karena kelompok tani merupakan pelaku utama dalam pembangunan pertanian,” pungkas Mat Kasrun. (DAFRI. FR)

Leave a Reply