Dinkes Papua Minta Puskesmas Budi Daya Toga

     Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua meminta seluruh puskesmas di kabupaten/kota di Provinsi Papua meningkatkan budi daya tanaman obat keluarga (toga) di pekarangan rumah.
Kasi Kesehatan Tradisional Dinkes Provinsi Papua Yusup Wona, di Jayapura, Sabtu, mengatakan tanaman obat itu bisa digunakan sebagai obat tradisional.
“Sejumlah tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat harus ditanam di taman obat keluarga yang dibuat,” ujarnya.
Sejumlah tanaman yang bisa dimanfaatkan menjadi obat, di antaranya tanaman jahe, kunyit, bawang merah, daun sereh, daun kelor, daun singkong, bayam merah, dan tanaman lainnya.
“Tanaman itu perlu ditanam di pekarangan rumah, selain dipakai untuk kebutuhan sehari-sehari, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat ketika sakit,” ujarnya lagi.

     “Supaya kalau dibutuhkan, tidak usah ke pasar untuk belanja tanaman itu, tapi tinggal manfaatkan karena sudah ada di pekarangan rumah dan kebun yang ada di sekitar kita,” ujarnya lagi.
Menurut dia, semua tanaman itu akan menjadi obat, tapi juga menambah gizi keluarga.
Yusup Wona menambahkan dalam waktu dekat ini Kementerian Kesehatan akan menggelar lomba tanaman keluarga tingkat nasional.
“Untuk itu, kami minta kepada Dinkes kabupaten/kota tolong kerahkan puskesmas, kelompok masyarakat, kader posyandu, PKK untuk ikut lomba tanaman obat keluarga tingkat nasional. Penilaian mulai dari puskesmas desa/kampung, kelurahan sampai ke tingkat Distrik,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply