DLH Babel Akui TI Rajuk Matras Ilegal

Jurnal Sumatra - 14/11/2018 6:03 PM
DLH Babel Akui TI Rajuk Matras Ilegal
 - ()
Editor

    Sungailiat, jurnalsumatra.com – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengakui aktifitas tambang inkonvensional (TI) rajuk di kawasan Pantai Matras Sungailiat ilegal.
“Kami ke lapangan untuk melihat langsung setelah ada laporan masyarakat, tambang ini ilegal,” kata Kepala Seksi Penegakkan Hukum, Limbah B3 dan Pengaduan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budiman Syahbani di Sungailiat, Rabu.
Dia mengatakan, berdasarkan keterangan dari salah seorang warga, aktifitas tambang berada di lahan miliknya tanpa memiliki izin resmi dari instansi terkait seperti Dinas Pertambangan dan Energi.
Menurut dia, kendati berada di lahan pribadi aktifitas tambang melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, sehingga harus dihentikan segera oleh penambang.
“Pemilik lahan mengaku aktifitas segera dihentikan paling lambat minggu ini, kita lihat berhenti atau tidak, jika tidak akan kita tindak tegas,” katanya.

     Pihaknya berharap lokasi bekas tambang bisa dilestarikan kembali, sepaya kekhawatiran warga akan meluasnya kerusakan akibat tambang sampai ke tepi pantai.
Sementara, Pejabat Penyidik Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syuryo Edi, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti permasalahan ini bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkhusus masalah kepemilikan surat lahan.
“Kita akan koordinasikan dengan Dinas Kehutanan, terutama masalah surat kepemilikan lahan ini, sebab secara kasat mata lahan berada di hutan lindung pantai,” kata Syuryo.
Ditambahkannya, aktifitas tambang ilegal ini selain tidak memiliki izin resmi, aktifitas tambang juga tidak memenuhi standart operasional prosedur.
Pihaknya akan terus melakukan pengawasan hingga aktifitas tambang benar-benar berhenti dan jika tetap beroperasi maka akan dilakukan tindakan tegas.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 2
  • 5,862
  • 797
  • 4,650,619
  • 1,921,591
  • 26
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip