DPRD: Saatnya Pemprov Kalsel Tingkatkan Anggaran Pendidikan

Jurnal Sumatra - 02/05/2018 10:08 AM
DPRD: Saatnya Pemprov Kalsel Tingkatkan Anggaran Pendidikan
 - ()
Editor

    Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Sekretaris Komisi IV Bidang Kesra DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, HM Lutfi Saifuddin berpendapat momentum Hari Pendidikan Nasional 2 Mei  2018 saatnya bagi Pemprov Kalsel meningkatkan anggaran pembangunan pendidikan.
“Permintaan peningkatan anggaran pendidikan itu wajar. Apalagi kalau dikaitkan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel 2016 – 2021,” ucapnya disela-sela peringatan Hari Pendidikan Nasional di Banjarmasin, Rabu.
Dalam RPJMD yang merupakan pengejawantahan dari visi misi kepala daerah/gubernur terpilih itu salah satu prioritas yaitu Kalsel cerdas.
Menurut politikus muda Partai Gerindra itu, mustahil bisa mewujudkan Kalsel cerdas tanpa peningkatan anggaran pendidikan, apalagi sampai kurang atau tak sesuai kententuan perundang-undangan.
Sebagaimana dua tahun belakangan anggaran untuk urusan pendidikan kurang atau jauh dari “mandatory budget” alias tidak mencapai 20 persen APBD provinsi setempat.

     Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin sependapat atau tidak membantah pernyataan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat anggaran pendidikan di provinsinya mencapai 20 persen APBD setempat, bahkan lebih.
“Tetapi mari kita samakan persepsi, anggaran pendidikan sebesar 20 persen lebih dari APBD itu hanya dari segi fungsi, bukan urusan,” tutur anggota Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi pendidikan itu.
Begitu pula kalau anggaran pendidikan Kalsel 20 persen dari APBD itu termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang jumlahnya cukup besar, lanjutnya.
“Padahal yang kita inginkan 20 persen anggaran pendidikan dari APBD tanpa DAK atau dana-dana perbantuan pemerintah pusat, serta khusus untuk urusan pendidikan, bukan dari segi fungsi,” ujarnya menjawab Antara Kalsel.
“Kalau dari segi fungsi, pada semua Satuan Kerja Perangkat Kerja Daerah (SKPD) jajaran Pemprov Kalsel terdapat anggaran untuk pendidikan, seperti peningkatan sumber daya manusia (SDM), pemberian bea siswa dan lainnya,” demikian Lutfi.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 3
  • 1,029
  • 68
  • 4,573,881
  • 1,903,659
  • 17
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip