Dubes Ingin Terus Bantu Penyelesaian Konflik Myanmar

Jurnal Sumatra - 20/02/2018 4:44 PM
Dubes Ingin Terus Bantu Penyelesaian Konflik Myanmar
 - ()
Editor

   Jakarta, jurnalsumatra.com – Duta Besar RI untuk Myanmar Irjen Pol Iza Fadri ingin terus membantu penyelesaian konflik di Rakhine State, Myanmar saat bertugas di negara tersebut.
“Jadi masalah Rohingya kita akan bantu Myanmar untuk menyelesaikan masalah internal mereka karena kita thau masalah Rohingya tak terlepas dari permasalahan konflik di sana,” kata Iza di Istana Negara Jakarta, Selasa usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Myanmar.
Iza sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Sospol Kapolri.
“Kemudian berkaitan peraturan perundangan di sana dan kita sebagai negara sahabat bagaimana mendukung masalah ini dapat diselesaikan dengan baik,” tambah Iza.

Ia mengaku diberitahu sebagai dubes oleh pihak Polri yang memberitahukannya bahwa ia dipercayakan sebagai duta besar.
“Kita negara yang diterima mereka, sebagai pihak yang membantu kemanusiaan di sana. Itu langkah pertama yang kita lakukan di sana. Bagaimana bantuan kemanusiaan ini bisa diserahkan ke masyarakat di sana,” ungkap Iza.
Presiden pada 28 Januari 2018 lalu sudah menyerahkan sendiri bantuan Indonesia di kamp pengungsian Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh.
“Kita dukung bagaimana penyelesaian masalah Rohingya ini secara bermartabat baik secara internasional maupun secara internal mereka,” tambah Iza.
Sedangkan arahan dari Presiden menurut Iza adalah membantu Myanmar dalam konteks ASEAN.
“Secara spesifik sudah dituangkan dalam kebijakan menteri luar negeri dalam membantu Myanmar dalam konteks sebagai negara sahabat dan bagian dari negara ASEAN. Kemudian kita ingin dengan adanya komunikasi ini dapat menyelesaikan masalah Rohingya,” jelas Iza.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 3
  • 3,091
  • 536
  • 4,595,102
  • 1,907,915
  • 3
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip