Dukcapil Bengkulu Usulkan Ijazah Sekolan Memuat NIK

Jurnal Sumatra - 19/12/2017 9:57 AM
Dukcapil Bengkulu Usulkan Ijazah Sekolan Memuat NIK
 - ()
Editor

     Bengkulu, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu mengusulkan ijazah surat tanda tamat belajar agar memuat nomor induk kependudukan (NIK).
“Kami sudah sampaikan ke Dirjen Dukcapil usulan ini, untuk tingkat kota kami sampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Bengkulu,” kata Kepala Dukcapil Kota Bengkulu Sudarto, di Bengkulu, Selasa.
Usulan tersebut, menurut dia, memiliki manfaat khusus yakni untuk menambah keteraturan administrasi kependudukan serta menekan potensi tindakan-tindakan melanggar hukum atas ijazah yang telah diberikan.
“Jadi pada administrasi kependudukan terdata terus strata pendidikan warga, dan ijazah dengan memuat NIK nantinya tidak akan mudah disalahgunakan atau diperjualbelikan dengan mengganti nama kepemilikan,” kata dia lagi.
Dinas Dukcapil Kota Bengkulu juga telah mengusulkan hal serupa kepada Kantor Kementerian Agama setempat, dan mendapatkan respons positif.

     Kementerian Agama Bengkulu mulai menambahkan NIK bagi pasangan menikah ke dalam sertifikat pernikahan sesuai dengan usulan Dukcapil.
“Jadi ini menekan kesempatan adanya orang yang berniat memalsukan sertifikat pernikahan, karena di sana sudah tertera NIK pasangan yang menikah,” ujarnya.
Menurutnya, dengan begitu baik bagi masyarakat maupun instansi yang berkepentingan dalam pengurusan administrasi kependudukan, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu memberikan kemudahan pelayanan, yakni layanan berbasis pesan elektronik whatsapp.
Pemohon mengirimkan berbagai persyaratan baik untuk akta kelahiran, pengurusan KTP maupun kartu keluarga cukup melalui pesan whatsapp dengan format foto.
“Jadi tidak perlu lagi mengantre, cukup kirimkan dan kami proses, setelah itu baru datang ke Dukcapil membawa dokumen resmi dan mengambil administrasi kependudukan yang diminta,” ujarnya pula.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 3
  • 2,258
  • 360
  • 4,752,224
  • 1,944,622
  • 6
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip