Gunakan Media Sosial Dengan Cara-Cara Melayu

Jurnal Sumatra - 31/10/2018 8:16 AM
Gunakan Media Sosial Dengan Cara-Cara Melayu
 - ()
Editor

Palembang, jurnalsumatra.com – Budayawan Palembang Vebri Al-lintani mengatakan media sosial sebagai penyalur komunikasi masyarakat hendaknya tetap mengaplikasikan nilai-nilai kemelayuan, untuk itu ia meminta siapapun menggunakan media sosial dengan  penuh kesopanan dan tidak sarkasme dalam mengemukakan pendapat atau perbedaan.

“Memang ada yang berbeda dengan cara berkomunikasi masyarakat palembang sekarang, ada kecenderungan sarkasme mewarnai media sosial,” kata Vebri kepada Antara News Sumsel saat Silaturahmi Forkopimda di Palembang, Selasa.

Menurutnya masyarakat Palembang pengguna media sosial mesti merevitalisasi nilai-nilai melayu yang kental dengan ungkapan bermetafora, misalnya menggunakan pantun, pepatah atau peribahasa dalam menyatakan pendapat, sehingga tidak menimbulkan ketersinggungan terhadap lawan komunikasi.

Dia mengamati situasi media sosial di tingkat lokal Kota Palembang mulai panas ikut terpengaruh konstelasi politik saat ini, ungkapan saling sindir semakin marak, namun ia tetap meyakini kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama.

“Ini adalah kondisi politik, perpecahan yang ada hanya sebatas politik, secara utuh masyarakat masih bersatu di bawah adat, sejak zaman Kerajaan Sriwijaya sikap masyarakat sudah biasa terbuka, permasalahan politik bisa diselesaikan secara adat, keributan antar pendukung politik ada, tapi keributan antar suku rasanya tidak ada,” ujar Vebri.

Ia melanjutkan masyarakat Palembang belum kebal terhadap hoax di media sosial, terbukti dengan masih ada yang ikut termakan berita-berita bohong dan menarik diri dari rutinitas media sosial, sehingga ia mengajak masyarakat kembali pada nilai-nilai kearifan lokal dalam menyikapi berbagai permasalahan.

“Kesimpulannya semua harus kembali ke nilai-nilai kearifan lokal, masyarakat palembang harus lebih bijak berkomunikasi sesuai kemelayuannya,” tambah Vebri.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 75
  • 36
  • 4,759,025
  • 1,945,314
  • 7
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip