Kemenag Sumsel Ajak Santri Man 3 Saksikan Gerhana

Palembang terasnews.id –  Kementerian Agama Kantor Wilayah Sumatera Selatan mengajak santri Madrasah Aliyah 3 Palembang menyaksikan gerhana bulan total di perguruan tersebut, rabu malam.

“Kami mengajak generasi muda ini menyaksikan sebuah sejarah yang memiliki makna diajarkan oleh Rasulullah, ” ujar Kepala Kemenag Kanwil Sumsel Alfajri Zabidi di sela kegiatan, rabu.

Kegiatan yang berupa pantauan gerhana dengan peralatan lengkap teropong mutakhir dan shalat gerhana berjamaah tersebut dilakukan bersama para santri.

Santri MAN 3 juga diberi kesempatan untuk melihat melalui teropong hilal milik Kanwil Kemenag Sumsel.

“Dengan kegiatan seperti  kita perlu menanamkan nilai ibadah pada anak kita,  apalagi dengan umur kita yang terbatas momen seperti ini belum tentu bisa kita rasakan lagi, ungkapnya.

Meskipun  melaksanakan ibadah dan pantauan di gedung masjid yang masih dalam kondisi belum selesai dibangun namun para siswa,  guru dan tim kemenag dapat melaksanakan ibadah shalat sunah dengan baik.

Menurut Alfajri kegiatan ini tidak hanya diadakan di MAN 3 tetapi juga dihimbau di seluruh madrasah yang ada di Sumatera selatan.

Madrasah di 17 kabupaten dan kota turut merasakan ibadah di sela fenomena astronomi yang langka tersebut.

“wajib kita bersyukur punya kesempatan menyaksikan sekaligus beribadah, “ujarnya.(anjas)

Leave a Reply