Ketua Demokrat Papua Mendatangi KPU Terkait Verifikasi

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Lukas Enembe mendatangi sekretariat KPU setempat di Jalan Soa Siu, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Kamis, terkait verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu 2019.
Sebelumnya, tim verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan Partai Demokrat Papua belum memenuhi syarat (BMS) peserta Pemilu 2019, hanya karena saat mendatangi sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, tidak ditemukan Ketua DPD Lukas Enembe yang juga Gubernur Papua.
Pantauan di lapangan, Lukas Enembe didampingi Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Papua Yunus Wonda, Sekretaris Carolus KK Bolly, dan Bendahara Yumin Wonda, tiba di Sekretariat KPU langsung diarahkan ke ruangan pertemuan yang sudah dinanti oleh Ketua KPU Papua Adam Arisoy dan pengawas Bawaslu Anugrah Pata.
Pada momentum itu, Adam menjelaskan bahwa berdasarkan tahapan verifikasi faktual di Partai Demokrat Papua beberapa hari lalu, ada hal yang tidak terpenuhi yakni ketidakhadiran ketua partai.
“Namun dengan kehadiran Ketua Partai Demokrat Papua Lukas Enembe untuk memenuhi masa perbaikan di KPU, maka Demokrat Papua hari ini dinyatakan memenuhi syarat pemilu 2019,” kata Adam.

    Sementara itu, Lukas Enembe kepada wartawan mengatakan kehadiran dirinya di KPU untuk memenuhi perbaikan dokumen atau berkas pada saat verifikasi faktual beberapa hari lalu sekretariat di Partai Demokrat.
“Ini kan bagian dari verifikasi partai politik, masa perbaikan, karena kemarin saya ada di Jakarta dinyatakan tidak memenuhi syarat sehingga hari ini harus hadir untuk lengkapi berkas, secara fisik saya hadir bersama pengurus,” katanya.
“Jadi, Partai Demokrat di Papua hari ini sudah memenuhi syarat untuk ikuti pemilu 2019, di Jakarta juga samakan. Demokrat siap ikuti pemilu,” kata Lukas Enembe.
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua menyatakan Partai Demokrat Provinsi Papua untuk sementara belum memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019.
“Setelah melalui proses verifikasi faktual, Partai Demokrat Papua kami nyatakan sementara BMS,” kata Ketua KPU Papua Adam Arisoy disela-sela verifikasi faktual di sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Papua di Kota Jayapura, Selasa (30/1)
Menurut dia, alasan dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS), karena ketua Partai Demokrat Lukas Enembe tidak hadir atau tidak dapat dihubungi dengan cara “video call”.
“Nantinya Demokrat Papua bisa memperbaiki hal-hal yang dinyatakan BMS, waktunya hingga 2 Februari 2018,” kata Adam.(anjas)

Leave a Reply