Kopertis-X Harapkan Kampus Fokus Ikut Pelatihan SPMI

     Padang, jurnalsumatra.com – Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri mengharapkan kampus yang akan ikut pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk fokus dan segera menerapkan dalam kinerja akademiknya.
“Kami kembali menggelar pelatihan penyusunan dokumen SPMI, ini harus diikuti serius agar hasilnya berdampak positif untuk kampus,” ujarnya di Padang, Rabu.
Menurutnya SPMI ini penting untuk mengukur kualitas suatu kampus, untuk itu pelatihan yang akan diberikan oleh ahli dan trainer akan merujuk pada upaya penguatan praktik kinerjanya.
Salah satunya yang penting terkait menganalisis atau mengevaluasi kinerja dan program kampus dalam satu tahun.
Evaluasi ini akan menjadi bahan untuk menentukan tiga standar yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam satu kampus.

Untuk itu, dia berharap 40 kampus yang telah dipastikan ikut dalam pelatihan pada 28 hingga 30 April 2018 tersebut, dapat mengirimkan ahli penjaminan mutu terbaik dalam institusinya.
Sebab ini mutu tentu yang telah berpengalaman, memiliki sertifikat dan jeli pada persoalan kampus.
“Banyak manfaat dari pelatihan SPMI tersebut selain penguatan kualitas, seperti memperkuat sumber daya pengajar,” ujarnya.
Dengan adanya penilaian penjaminan mutu dalam satu kampus tentu akan memunculkan motivasi dosen untuk bersaing memaksimalkan potensinya.
Dengan baiknya penjaminan mutu, berkualitasnya kampus dan berdaya saingnya dosen, akan membuka peluang bagi institusi dalam pengembangan dan kemajuan ke depan.
Misalnya penilaian akreditasi secara nasional maupun internasional, peningkatan peringkat penelitian dan dampak lain mendapat hibah atau kerja sama dari banyak perguruan tinggi dan instansi lain.(anjas)

 

Leave a Reply