Massa Kembali Blokade Akses PT BAU

Jurnal Sumatra - 03/10/2018 11:14 PM
Massa Kembali Blokade Akses PT BAU
Massa Kembali Blokade Akses PT BAU - ()
Editor

Lahat, Sumsel, jurrnalsumatra.com – Persetruan terkait lahan milik warga yang sampai sekarang belum temukan titik terang, ternyata kembali memancing emosi warga dua Desa diantaranya Desa Lebak Budi, dan Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

Sengketa lahan antara warga didua Desa dengan PT Bara Alam Utama (BAU), nampaknya terus memanjang dikarenakan kedua belah pihak belum menemukan titik terang persoalan tersebut.

Rabu (3/10/2018) warga yang telah habis kesabaran akhirnya memblokade dengan memasang portal dan meminta kepada PT. BAU untuk menyetop aktivitas penambangan sementara waktu.

Koordinasi aksi Wansyah mengatakan, hal ini mereka lakukan karena menilai pihak PT. BAU sepertinya belum dapat merealisasikan keinginan warga untuk mengganti rugi lahan milik mereka yang sudah mereka miliki sejak dahulu.

“Sebelum adanya titk temu antara warga kami dan pihak PT. BAU kami tetap meminta kepada pihak perusahaan agar jangan ada aktivitas dulu di lahan sengketa ini,” ucapnya lantang.

Ia menyampaikan, adapun tuntutan dari warganya terkait sengketa lahan tersebut, Wansyah menjelaskan, bahwa beberapa waktu yang lalu pihaknya melakukan aksi serupa tetapi setelah adanya mediasi dengan berbagai pihak akhirnya mereka meminta ganti rugi lahan yang diperkirakan seluas 120 hektar itu sebesar 10 miliyar rupiah kepada pihak PT. BAU.

“Pada waktu yang lalu sudah ada mediasi dan tuntutan kami sebesar 10 Miliyar. Dan saat ini kami tidak lagi mematok nominal namun pihak perusahaan seperti acuh,” terangnya.

Lebih jauh dirinya menyatakan jika pembayaran ganti rugi kepada Desa Negeri Agung sebesar 1,3 Miliyar yang diserahkan melalui Forum FK3D pihaknya juga meminta setara agar permasalahan ini cepat selesai.

“Jangan sampai lahan milik warga ini menjadi boomerang bagi warga. Ayo kita selesaikan dan duduk bersama melalui Bupati, Camat dan unsur-unsur Pemerintah terkait lainnya,” imbuhnya lugas. (Din)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 5
  • 2,393
  • 491
  • 4,588,011
  • 1,906,442
  • 13
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip