Mukomuko targetkan penyaluran BLT dana desa pada September

Mukomuko, jurnalsumatra.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu manargetkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap keempat kepada keluarga warga tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19 dilakukan September 2020.

  “Menurut jadwal pengajuan dana desa tahap ketiga dan BLT bulan keempat September, lalu target kami penyalurannya dalam bulan September,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto di Mukomuko, Senin.

  Ia menjelaskan, sebanyak 148 desa telah mengajukan dana desa tahap ketiga dan BLT bulan keempat untuk sebanyak 9.037 keluarga warga tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19.

  Ia mengatakan, instansinya saat ini sedang melakukan cek silang terhadap desa yang sudah dan belum lengkap persyaratan untuk pengajuan dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga.

  “Kita akan buat rekapnya, desa mana saja yang sudah dan belum selesai melakukan perubahan APBDes khusus untuk BLT dana desa sesuai dengan PMK Nomor 50,” ujarnya.

  Terkait dengan perubahan APBDes khusus untuk BLT dana desa, ia mengatakan, pihaknya sudah komunikasikan kepada pihak desa, dan memerintahkan desa untuk segera mengambil langkah perubahan laporan stunting tahun 2019 dan dana desa 2019.

  Selain itu, desa juga harus bisa menentukan berapa besar dana desa tahap ketiga  yang akan dialokasikan untuk menyalurkan BLT dana desa bulan keempat kepada warga terdampak.

  Kita mengarahkan desa untuk merencanakan dengan matang berapa dana untuk BLT dan sasaran penerimanya itu, katanya.(anjas)