Museum Balaputra Dewa Dapat Hibah Dua Benda Bersejarah

Jurnal Sumatra - 25/10/2020 6:26 PM
Museum Balaputra Dewa Dapat Hibah Dua Benda Bersejarah
Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Palembang mendapatkan hibah dua benda bersejarah yaitu Centong untuk acara adat dan Beliung atau Pangot yang berfungsi sebagai alat untuk membuat kapal diserahkan oleh Raden Pangkualam dari Komunitas Palembang Pusaka Bari langsung Kepala Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa H Chandra Amprayadi SH di auditorium Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Sabtu (24/10/2020) di sela-sela acara pembahasan pameran bersama  - (Jurnal Sumatra)
Editor

Palembang, jurnalsumatra.com – Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Palembang mendapatkan hibah dua benda bersejarah yaitu Centong untuk acara adat dan Beliung atau Pangot yang berfungsi sebagai alat untuk membuat kapal.

Dua benda tersebut diserahkan oleh Raden Pangkualam dari Komunitas Palembang Pusaka Bari langsung Kepala Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa H Chandra Amprayadi SH di auditorium Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Sabtu (24/10/2020) di sela-sela acara pembahasan pameran bersama.

Menurut Raden Pangkualam, Centong ini dia mendapatkan dari rumah adat Basemah,Pagaralam dan dipakai khusus untuk acara adat saja sedangkan untuk Beliung atau Pangot didapat dari Sungai Musi tepatnya di depan Pabrik PT Pusri 1 Ilir Palembang tahun 2012 lalu.

“ Untuk Beliung atau Pangot khusus untuk membuat kapal , Beliung atau Pangot ini ada juga di Museum Belanda,  saya juga ingin agar museum kita ada juga,” katanya.

Beliung atau Pangot ini  menurutnya terbuat dari logam dengan ukiran makara , dimana ukiran makara ini  sering di pakai di  Kesultanan. “Yang centong di kirim dari Basemah, Pagaralam langsung dari rumah adat,” katanya.

Karena kondisi kedua benda ini sudah lama dan kusam maka menurutnya perlu di beri minyak agar terlihat baru.Kepala Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa H Chandra Amprayadi SH mengapresiasi hibah dua benda bersejarah tersebut. “ Kami akan simpan benda ini dan kita akan buat berita acaranya,” katanya.(udy)

 

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 3
  • 703
  • 62
  • 4,753,721
  • 1,944,875
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip