OKU Berada Di Zona Kuning

Jurnal Sumatra - 16/07/2020 2:54 PM
OKU Berada Di Zona Kuning
 - ()
Editor

Baturaja, Jurnalsumatra.com –  Pernyataan satgas covid-19 Kabupaten OKU bulan Juni lalu yang menyatakan bahwa OKU sudah kembali pada zona hijau tampaknya harus dirubah menjadi zona kuning. Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes OKU, Andi Prapto, Jum’at (16/07/2020).

Status zona penyebaran covid-19 dulunya hanya tiga warna status yakni Hijau untuk tidak ada penyebaran, Kuning untuk adanya penyebaran dari luar daerah dan merah untuk penyebaran dari tranmisi lokal.

Sedangkan untuk sekarang satgas covid pusat menetapkan empat warna status zona penyebaran covid-19, yaitu Hijau untuk daerah yang tidak pernah ada pasien covid-19, Kuning untuk sedikit penyebaran, Oranye untuk banyak penyebaran dan merah zona daerah yang banyak penyebarannya terutama transmisi lokal.

“untuk OKU status zonanya berada pada zona kuning, berdasarkan ketetapan dari satgas covid-19 pusat dari daftar penyebaran status kita masing kuning,” jelas Andi.

Untuk kasus covid-19 di OKU saat ini satgas covid-19 OKU belum menerima informasi adanya penderita baru ODP maupun PDP apalagi yang positif baik laporan dari rumah sakit maupun puskesmas.

“untuk saat ini kita belum mendapat informasi maupun laporan dari rumah sakit maupun pihak puskesmas adanya pasien penderita covid-19,” kata Andi.

Pemantauan covid-19 saat ini difokuskan dengan kerjasama pada pihak rumah sakit, puskesmas dan klinik-klinik pengobatan lainnya untuk melakukan pemantauan ada atau tidaknya masyarakat yang terjangkit.

“pemantauan selanjutnya ada di rumah sakit , puskesmas dan klinik-klinik pengobatan lainnya, jika ada pasien berobat dianggap mencurigakan terndapak covid-19 maka pihak rumah sakit akan melakukan rapid test terhadap pasien yang berobat,” jelas Andi.

Untuk penanggulangan covid-19 di OKU khususnya, Andi prapto berharap kerjasama masyarakat untuk mencegah penyebaran virus dengan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“saya berharap pada masyarakat OKU untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus covid-19 dengan menjaga jarak, pakai masker dan selalu cuci tangan dengan air yang mengalir serta mematuhi aturan pemerintah lainnya untuk pencegahan penyebaran,” harap Andi.(win)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 1
  • 64
  • 18
  • 4,772,803
  • 1,946,621
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip