OPD Tidak Pernah Mengirimkan Dokumen Kepada Badan Arsip

Jurnal Sumatra - 30/09/2020 8:29 PM
OPD Tidak Pernah Mengirimkan  Dokumen Kepada Badan Arsip
 - ()
Editor

Palembang, jurnalsumatra.com – Arsip dan dokumentasi sangat berperan penting dalam penelusuran sejarah-sejarah masa lampau untuk menemukan informasi yang diinginkan. Dalam konteks studi pustaka sejarah, arsip bisa di kategorikan sebagai sumber primer karena arsip merupakan pengetahuan pertama

Namun sayang  hingga saat ini seluruh dinas dan instansi terkait dalam lingkup Pemerintan Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel)  tidak pernah mengirimkan arsip-arsip yang mereka miliki untuk di simpan Badan Arsip Provinsi Sumsel.

“Tidak ada yang sama sekali sampai sekarang menyerahkan, jadi kita hanya menjalankan misalnya ini lagi rame kabupaten kota yang malah aktif dari kabupaten kota, karena hasil pengawasan ya, kalau di Provinsi , Alhamdulilah tidak katek , jadi alhamdulilah katek gawe kita,”kata Kepala Badan Arsip Provinsi Sumsel, Dra Hj Septiana Zuraida, SH, Msi saat ditemui di DPRD Sumsel usai rapat pembahasan APBD Sumsel Perubahan tahun 2020 , Rabu (30/9/2020).

Dia mengakui tidak adanya sangsi kepada dinas dan instansi dalam lingkup Pemprov Sumsel untuk menyerahkan arsip yang mereka miliki kepada Badan Arsip Provinsi Sumsel  menjadi kendala utama dalam penyimpanan arsip dari dinas dan instansi tersebut ke Badan Arsip Sumsel. Karena itu solusi menuntaskan permasalahan ini menurutnya ada di tangan Gubernur Sumsel karena dirinya hanya sebagai anak buah saja.

“ Tergantung bagaimana beliau (Gubernur Sumsel) , kalau aku menjalankan baelah, kita menjalankan tugas sebagai eselon II  , surat Gubernur sudah pernah ada dari zaman pak Alex, Pj Gubernur Sumsel pak Hadi Prabowo dan pak Herman Deru,” katanya.

Sedangkan Ketua Komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar melihat gedung Badan Arsip Sumsel kini tidak memadai  karena bocor dimana-mana.“ Dikhawatirkan arsip itu  akan rusak ,   untuk di renovasi kantor Badan Arsip tidak memungkinkan lagi jadi inginnya kantor Badan Arsip Sumsel di bangun baru,” katanya.

Apalagi dia menilai arsip sangat penting untuk dokumen karena itu pihaknya berharap Pemprov Sumsel melalui APBD Induk tahun 2021 untuk menganggarkan anggaran untuk membuat baru kantor Badan Arsip Sumsel. “ Menurut informasi Kantor Badan Arsip Sumsel sekarang sudah rapuh,” katanya sembari menilai arsip perlu untuk di buat pustaka.(udy)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 5
  • 4,807
  • 116
  • 4,639,493
  • 1,920,128
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip