Panitia Idzhom Ke 8  Silaturahmi Ke SMB IV

Jurnal Sumatra - 25/10/2020 2:48 PM
Panitia Idzhom Ke 8  Silaturahmi Ke SMB IV
Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn menerima Kunjungan silaturrahim dari panitia Haul KH Abdullah Zawawi Idzhom Ke 8 yang diketuai oleh Ustadz Ahmad Fauzi Zawawi Idzhom didampingi sejumlah anggota panitia haul lainnya di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (24/10/2020) - (Jurnal Sumatra)
Editor

Palembang, jurnalsumatra.com – Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn menerima  Kunjungan silaturrahim dari panitia Haul  KH Abdullah Zawawi Idzhom Ke 8  yang diketuai oleh Ustadz Ahmad Fauzi Zawawi Idzhom didampingi  sejumlah anggota panitia haul lainnya di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (24/10/2020).

K.H. Abdullah Zawawi Idzhom sendiri merupakan,  salah satu ulama yang juga turut andil dalam perkembangan Islam di Palembang, khususnya di daerah 1 Ilir Palembang Beliau adalah Asy-Syekh Al-Alim Fadhilatul Ustadz Kiyai Haji Abdullah Zawawi Izhom bin Kiyai Haji Anwar bin Kiyai Haji Abdur Rohim bin Kiyai Haji Abdus Shiddiq. Dilahirkan di kota Palembang pada hari selasa tanggal 30 Agustus 1930 M / 1350 Hijriah di kampung Karang Bengkuang 10 Ilir Palembang. Ibunya bernama Ningcik dan  ayahnya bernama Kiyai Haji Anwar.

  1. Abdullah Zawawi Idzhom juga sempat mengajar Amalan Ma’rifat di Mekkah di Kampong di sekitar Taisir. Ia juga pernah mengajar di Madinah dan mendapatkan ijazah guru. Tidak sebatas itu saja, ia juga mendirikan majelis ta’lim dan pengajian modern yang saat ini menjadi pondok pesantren yang dipimpin oleh Al-Ustadz Ahmad Fauzi berdasarkan wasiat dari KH. Abdullah Zawawi Idzhom.

Majelis ta’lim yang beliau dirikan dinamakan Majelis Sultan Agung yang didirikan sekitar tahun 1975 M. guna melanjutkan perjuangan para guru-guru beliau dalam menyebarkan ilmu agama Islam di Kota Palembang

Dalam mensyiarkan agama Islam selain mengajarkan ilmu agama dan ceramah beliau juga berdakwah lewat karya-karyanya yang berupa syair dan pantun yang berisikan nilai-nilai agama. KH. Abdullah Zawawi Idzhom wafat pada hari Selasa tanggal 05 Februari 2013.

Menurut Ustadz Ahmad  Fauzi Zawawi Idzhom didampingi  sejumlah anggota panitia haul lainnya mengatakan , mereka merupakan zuriat dan panitia  haul K.H. Abdullah Zawawi Idzhom  yang ke 8 melakukan silaturahmi dengan pihak  Kesultanan Palembang Darussalam yaitu Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn.

“ Kami minta saran-saran beliau , masukan beliau supaya  kita akan mengangkat adat-adat Palembang  supaya sukses acaranya yaitu Haul ke 8  Syekh Zawawi Idzhom di  Kelurahan 1 Ilir Palembang , Palembang lamo,  tanggal 12  November  2020 hari Kamis malam Jumat  untuk kegiatan kita mulai tanggal 8 hari minggu, sudah kita angkat kegiatan-kegiatan yang menyangkut dengan adat-adat Kesultanan Palembang Darussalam ,” katanya. Selain itu SMB IV menurutnya harus  tampil, harus hadir  dalam acara tersebut supaya dekat dengan masyarakat.

Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn mengatakan panitia haul panitia Haul K.H. Abdullah Zawawi Idzhom  ke 8 dimana anaknya Ustad  Ahmad Fauzi datang untuk membicarakan Haul tersebut.

“ Acaranya rangkaian dari tanggal 8 sampai tanggal 12 November , mudah-mudahan bisa berjalan lancar dan kita dari Kesultanan Palembang mensuport kegiatan-kegiatan keagamaan yang memang itu budaya dan adat istiadat dari Kesultanan Palembang Darussalam,” katanya didampingi sejumlah perangkat Kesultanan Palembang. (udy)

 

 

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 755
  • 70
  • 4,753,773
  • 1,944,883
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip