Panwaslu Himbau Semua Paslon Taati Zona Kampanye

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Secara tegas panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) Kabupaten Lahat menghimbau seluruh pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lahat untuk menaati aturan yang ada.

Terutama, tentang mematuhi jadwal zona kampanye yang sudah ditetapkan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lahat.

Ketua Panwaslu Kabupaten Lahat, Saptasa Adrian SE melalui anggota Panwaslu Kabupaten Lahat, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Andra Juarsyah mengingatkan, agar Paslon melalui tim kampanye dan tim pemenangannya masing-masing agar dapat mematuhi jadwal zona kampanye yang ditentukan.

“Oleh sebab itu, kami mengingatkan agar semua Paslon melalui tim kampanye dan tim pemenangan agar senantiasa mematuhi jadwal zona kampanye yang sudah ditentukan. Karena kita tahu jika aturan ini ditaati, maka Pilkada di Kabupaten Lahat akan berjalan lancar dan damai, dan tertib, ” terang Andra, Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, tidak hanya itu saja, pihaknya mengimbau setiap paslon menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang sudah terpasang karena sudah memasuki masa kampanye. Dan, selama masa kampanye, APK yang resmi hanya berasal dari KPUD Lahat. Karena itu, setiap paslon tidak diperbolehkan memasang sendiri APK seperti baliho, poster atau spanduk.

“Kita akan imbau tiap paslon untuk tertibkan APK mereka. Dan, boleh dipasang setelah adanya himbauan resmi dari KPUD Lahat, ” imbuhnya lugas.

Menurut PKPU Nomor 4 Tahun 2017, APK yang disiapkan KPU berupa selebaran, brosur, baliho, pamflet. Sementara APK yang boleh disiapkan para paslon berupa pakaian, penutup kepala, alat minum, kalender, kartu nama, pin, alat tulis, payung dan stiker paling besar 10 x 5 cm.

“Semua yang kami sampaikan ini sesuai dengan petunjuk serta aturan yang berlaku. Panwaslu melalui jajarannya sampai ketingkat pengawas desa/kelurahan akan selalu melakukan pengawasan dengan ketat dan jelih, tanpa tebang pilih, ” ucap Andra. (Din)

Leave a Reply