Pelajar SMP-SMA Tanjungbalai Lomba Alegoris

Jurnal Sumatra - 16/08/2018 8:31 AM
Pelajar SMP-SMA Tanjungbalai Lomba Alegoris
 - ()
Editor

  Tanjungbalai, Sumut, jurnalsumatra.com – Belasan kelompok pelajar tingkat SMP dan SMA/sederajat mengikuti lomba alegoris yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai dalam rangka memeriahan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 2018.
Ketua panitia lomba alegoris, Buchori Ginting Suka,Rabu, mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengingatkan kembali jasa perjuangan pahlawan bangsa Indonesia pada umumnya, dan khususnya  pahlawan yang ada di Kota Tanjungbalai.
Selain itu, lomba ini lebih menitik beratkan terhadap upaya menanamkan semangat dan jiwa patriotisme bagi kalangan pelajar dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.
Menurut dia, terdapat tiga aspek penilaian juri terhadap atraksi allegoris, yaitu kesesuaian kostum, properti, akting, penghayatan, kesesuaian materi dan thema perjuangan yang ditampilkan.

“Juara masing-masing tingkatan akan mendapat trofi, uang pembinaan dan sertifikat,” ujar Buchori disela-sela penyaksikan aksi teatrikal peserta lomba.
Pantauan di lapangan, masing-masing kelompok peserta allegoris mendemontrasikan pertempuran ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah seperti, Peristiwa Bandung Lautan Api,  Peristiwa Ambarawa.
Demikian juga Serangan Umum 1 Maret 1949,  Peristiwa Medan Area, Peristiwa Kreueng Panjul Bereuen, Sipaku Area Kabupaten Asahan, dan Tragedi Jembatan Sei Silau Tanjungbalai.
Sesuai catatan dari dewan juri, kelompok alegoris SMAN 2 meraih Juara I,  SMA Tri Tunggal Juara II, dan SMK Dar-Alfalah sebagai Juara III.
Juara haparan I adalah SMAN 1, SMKN 4 juara harapan II, dan SMAN 6 juara harapan III.
Untuk tingkat SMP,  Juara I diraih SMPN 1, juara II SMPN 7 dan juara III SMPN 4. Sedangkan juara harapan I adalah  SMPN 2, juara harapan II SMPN 5 harapan II,  dan juara harapan III SMPN 10.
“Lomba allegoris ini diikuti pelajar tingkat SMP/MTS sebanyak 12 sekolah, dan SMA/SMK diikuti sembilan sekolah,” kata salah satu juri, Abdurahman.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 1,197
  • 272
  • 4,741,839
  • 1,942,243
  • 21
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip