Pelebaran Jalan Hingga Renovasi Atap Masjid

OganIlir, jurnalsumatra.com – Pelebaran jalan hingga renovasi atap dua masjid menjadi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Kodim 0402 OKI-OI, Hal ini diungkapkan Komandan Kodim 0402 Letkol CZI Zamroni saat pemaparan di hadapan Brigjend TNI Achmad Said S.Sos

Direktur Sistem dan metode PUSTERAD (Pusat teritorial Angkatan Darat) beserta rombongan.

Pemaparan oleh Dandim OKI-OI Letkol CZI Zamroni dilaksanakan di Pos KODALTIS TMMD tahun anggaran 2020 Desa Saranglang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (07/07/2020).

Dandim Letkol CZI Zamroni mengungkapkan untuk pelebaran jalan dilaksanakan sepanjang 1800 meter dengan lebar jalan 8 meter selain itu juga TMMD dilakukan renovasi atap dua masjid Desa Pulau Negara dan Desa Saranglang.

“Pelebaran jalan dari Desa Saranglang hingga Simpang Pulau Negara  dan renovasi Atap Masjid Nurul Qolbi dan Nurul Huda. Selain membangun fisik TNI juga melaksanakan penyuluhan kesehatan, pertanian, bahaya narkoba, bela negara,  kesling dan lingkungan” Katanya.

Kinerja TMMD jajaran Kodim 0402 OKI-OI mendapat apresiasi dari Direktur Sistem dan metode PUSTERAD (Pusat teritorial Angkatan Darat) Brigjend TNI Achmad Said S.Sos yang mengatakan TMMD merupakan amanat Undang-undang dalam rangka sinergisitas keluarga besar TNI dengan masyarakat banyak manfaat yang akan dirasakan baik TNI maupun masyarakat.

“Dengan pembangunan fisik dan berbagai sosialisasi mulai dari kesehatan hingga penyuluhan bela negara akan memberikan efek domino yang luas seperti peningkatan pembangunan desa dan mengurangi angka kriminalitas,” Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Brigjend TNI Achmad Said S.Sos berpesan kepada semua elemen masyarakat bahwasanya saat ini pandemi covid 19 menjadi musuh bersama oleh sebab itu untuk memutus rantai penularannya dibutuhkan kerjasama semua elemen masyarakat dengan menjaga fhysikal distancing, social Diatancing, memakai masker dan menjaga kebersihan.

Sementara Kepala Desa Pulau Negara Taufik Sopa mengatakan sangat berterima kasih kepada TNI, Pemkab OI dan seluruh elemen masyarakat yang telah mengelar TMMD di Desa Saranglang pasalnya memberikan manfaat yang sangat banyak.

“Terima kasih Kepada pak Dandim 0402 OKI-OI, Pak Bupati H.M Ilyas Panji Alam, Ketua DPRD OI Soeharto Hs dan semua pihak yang telah menjadikan Desa Saranglang dan Desa Pulau Negara sebagai sasaran TMMD,” Katanya dengan penuh rasa gembira.

Ditambahkannya jalan alternatif desa Saranglang dibangun pada tahun 1994  dengan lebar 2,5  dan dengan adanya pelebaran program TMMD ini menjadi 8 meter “Tentu ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” Pungkasnya. (Edi)