Pemerintah Siapkan KEK Untuk Sektor Pendidikan

     Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah menyiapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk sektor pendidikan tinggi di Tangerang, Banten, sebagai upaya untuk mendorong kualitas daya saing perguruan tinggi di Indonesia.
“Kita sedang mencari tempat yang dapat dijangkau dari Jakarta atau bahkan luar negeri,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir seusai mengikuti rapat koordinasi membahas KEK di Jakarta, Rabu malam.
Nasir mengatakan pelaksanaan KEK untuk sektor pendidikan tinggi ini akan mengacu pada peraturan mengenai pembentukan KEK yaitu UU Nomor 39 Tahun 2009, salah satunya terkait penyediaan insentif pajak kepada investor.
Ia menjelaskan rencana pembentukan KEK ini sudah dikonsultasikan dengan Menko Perekonomian dan nantinya akan dipaparkan kepada Presiden untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

Nasir menambahkan beberapa perguruan tinggi dari Inggris dan Australia telah melakukan penjajakan untuk mengikuti program ini antara lain Imperial College London, London School of Economics, Cambridge, Monash University dan RMIT University.
“Australia sudah ada yang menghubungi, kita coba komunikasi, insentif apa yang mereka inginkan, supaya reputasi pendidikan Indonesia semakin baik,” katanya.
Nasir mengharapkan pembentukan KEK ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia agar tidak tertinggal dengan negara-negara tetangga yang telah mempunyai atmosfir akademik yang lebih baik dan kompetitif.
Meski demikian, ia tidak membantah bahwa dengan adanya KEK khusus untuk perguruan tinggi ini maka kesempatan mahasiswa asing untuk bisa ikut bersekolah di Indonesia sangat besar. (anjas)

Leave a Reply