Pemkab Batang Alokasikan Aplikasi E-Santunan Rp2 Miliar

Jurnal Sumatra - 17/11/2017 3:54 PM
Pemkab Batang Alokasikan Aplikasi E-Santunan Rp2 Miliar
 - ()
Editor

     Batang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengalokasikan program aplikasi “Santunan Elektronik” Rp2 miliar pada warga miskin yang meninggal dunia.
Bupati Batang, Wihaji di Batang, Jumat, mengatakan bahwa aplikasi “Santunan Elektronik” kematian sebagai bentuk pemkab untuk membantu dan meringankan beban pada warga miskin yang meninggal dunia.
“Program itu sekaligus sebagai jawaban program visi dan misi kami untuk membantu warga miskin. Program ‘Santunan Elektronik’ ini mulai kami luncurkan pada Jumat,” katanya.
Menurut dia, pemkab mulai 25 Oktober 2017 telah memberikan santunan pada keluarga miskin yang meninggal dunia sebesar Rp1 juta.
“Program ‘Santunan Eletronik’ ini sudah kami anggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 senilai Rp2 miliar,” katanya.
Ia mengatakan adapun warga yang mendapat santunan kematian oleh pemkab adalah mereka yang sudah terdaftar pada basis data terpadu (BDT).
Bagi yang warga belum terdaftar pada BDT, kata dia, akan dilakukan pendataan melalui tim pendataan sesuai dengan kriteria atap, lantai, dinding rumah yang tidak permanen.
“Bayi yang meninggal dunia, juga tetap akan mendapat santunan jika dalam kartu keluarga (KK) termasuk pada golongan keluarga miskin. Oleh karena, kami berharap pada masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ‘Santunan Elektronik’ ini sebagai upaya mempercepat pencairan santunan,” katanya.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang, Sugiatmo mengatakan pemkab telah melakukan pelatihan terhadap para kepala desa sebelum program aplikasi “Santunan Elektronik” itu diluncurkan.
“Program aplikasi itu merupakan hal yang baru sehingga kami perlu melakukan pelatihan secara teknis sebagai operator aplikasi bagi aparatur desa dan kelurahan,” katanya.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 1,162
  • 268
  • 4,741,804
  • 1,942,239
  • 7
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip