Pemkot Kendari Dorong Nelayan Jadi Mandiri

     Kendari,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mendorong kelompok nelayan di daerah itu agar bisa mandiri dan mampu berdaya saing.
“Kami mendorong nelayan agar tingkatkan kerja sama antarlembaga kelompok termasuk koperasi perikanan, dan mendorong nelayan membentuk koperasi,” kata Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra, di Kendari, Rabu.
Ia mengatakan, pihaknya juga terus memberikan dorongan semangat yang lebih besar agar koperasi perikanan atau nelayan dan kelembagaan kelompok dapat semakin mandiri kuat dan berdaya saing untuk meningkatkan perannya dalam peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya.
“Kami juga mendorong nelayan menjalin kemitraan antarnelayan dengan pengusaha perikanan untuk saling mendorong saling memperkuat dan saling menguntungkan,” katanya.
Dikatakan, pemerintah juga terus melakukan upaya dalam meningkatkan kapasitas nelayan dalam megembangkan usaha kelompok yang berbentuk koperasi.
“Bergabung dalam koperasi mengembangkan usaha sangat dianjurkan, karena tidak akan mendapatkan bantuan pemerintah terkait nelayan jika tidak tergabung dalam koperasi,” katanya.
Adriatma juga berharap kepada neyalan untuk menghindari kegiatan transaksi penjualan hasil tangkapan di tengah laut.
“Lakukan pendaratan ikan di tempat-tempat yang resmi seperti di pelabuhan perikanan atau tempat pendaratan ikan (TPI),” katanya.(anjas)

Leave a Reply