Pemkot Ternate Bentuk Forum Eliminasi Kusta

Jurnal Sumatra - 27/11/2017 4:23 PM
Pemkot Ternate Bentuk Forum Eliminasi Kusta
 - ()
Editor

    Ternate, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) membentuk Forum Eliminasi Kusta untuk memaksimalkan penanganan penderita kusta dan mantan penderita kusta di daerah itu.
“Pembentukan Forum Eliminasi Kusta juga sebagai upaya untuk merealisasikan target eliminasi kusta di Kota Ternate pada 2019,” kata Kepala Dinas Kesehatan Ternate, Fatiha Suma di Ternate, Senin.
Forum Eliminasi kusta tersebut, tidak hanya melibatkan Dinas Kesehatan, tetapi juga sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkup Pemkot Ternate, seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Tenaga Kerja.
Menurut dia, berbagai OPD tersebut dilibatkan pula dalam Forum Eliminasi Kusta karena penanganan penyakit kusta tidak hanya mengenai proses pengobatannya, tetapi juga masalah phisiko sosial penderita kusta dan mantan penderita kusta, yang biasanya mereka dikucilkan di masyarakat.
Masalah lain juga dihadapi penderita kusta dan mantan penderita kusta adalah kesulitan mereka mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan usaha yang dapat memberikan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Adanya keterlibatan berbagai OPD tersebut, kata Fatima Suma, masalah yang dihadapi penderita kusta dan mantan penderita kusta itu diharapkan bisa teratasi, misalnya untuk masalah phisiko sosial akan ditangani Dinas Sosial, sedangkan untuk masalah pekerjaan akan diselesaikan Dinas Tenaga Kerja atau Dinas Penindustrian dan Perdagangan.
Hasil identifikasi Dinas Kesehatan Ternate, di daerah itu ada belasan penderita kusta dan semuanya sudah mendapatkan pengobatan secara gratis, yang diharapkan pada 2018 sudah bisa sembuh karena pengobatan penyakit kusta hanya membutuhkan waktu enam bulan sampai satu tahun.
Ia mengimbau masyarakat Ternate tidak mengucilkan para penderita kusta yang sudah dinyatakan sembuh oleh Dinas Kesehatan setempat, karena kusta bukan sebagai penyakit kutukan seperti yang diasumsikan masyarakat dan kalau sudah sembuh tidak akan lagi berpotensi menularkan penyakit itu.
Khusus kepada para penderita kusta yang kemungkinan belum terdeteksi Dinas Kesehatan, diimbau segera melapor ke puskesmas terdekat agar bisa segera mendapatkan pengobatan secara gratis, karena kalau tidak, penyakit itu bisa mengakibatkan kecacatan fisik bahkan kematian.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 3
  • 2,684
  • 461
  • 4,752,650
  • 1,944,723
  • 9
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip