Penerbitan Izin Ukl-Upl Untuk Enam Puskesmas Bertahap

Jurnal Sumatra - 28/10/2017 4:15 PM
Penerbitan Izin Ukl-Upl Untuk Enam Puskesmas Bertahap
 - ()
Editor

     Mukomuko, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kesehatan setempat memprogramkan  penerbitan izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup untuk enam Puskesmas Rawat Inap di daerah itu dilaksanakan secara bertahap mulai tahun ini.
“Tahun ini kami usulkan penerbitan izin UKL-UPL untuk tiga puskesmas rawat inap di daerah ini,” kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Erik Prasetya di Mukomuko, Jumat (27/10).
Sebanyak 17 Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu sampai sekarang belum mengantongi izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL) dan surat pernyataan pengelolaan lingkungan (SPPL).
Pemerintah daerah setempat tahun ini mengalokasikan dana dalam APBD untuk mengurus izin UKL-UPL untuk tiga Puskesmas di daerah itu.
Ia menyebutkan, tiga Puskesmas rawat inap di Kecamatan Ipuh, Lubuk Pinang dan Penarik. Masih ada tiga Puskesmas yang belum mengantongi izin UKL-UPL.
Selanjutnya, dia mengusulkan,  anggaran pembuatan izin UKL-UPL untuk tiga puskesmas rawat inap lainnya di daerah itu pada 2018. Sedangkan sebanyak 11 puskesmas rawat jalan lain cukup mengantongi SPPL.
“Tahun 2018 sebanyak 11 puskesmas mengantongi SPPL,” ujarnya.
Kabid Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Fernandi sebelumnya  menyatakan sampai sekarang belum ada satu pun Puskesmas di daerah ini yang mengantongi izin UKL-UPL.
Ia menyatakan, berdasarkan aturan puskesmas rawat inap wajib mengantongi izin UKL-UPL, sedangkan puskesmas rawat jalan wajib memiliki surat pernyataan pengelolaan lingkungan (SSPL).
Menurut dia, tanpa izin lingkungan tersebut Puskesmas setempat tidak memiliki legalitas membuang limbah limbah medis ke media lingkungan di daerah tersebut. Termasuk membakar limbahnya.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 4
  • 2,395
  • 492
  • 4,588,013
  • 1,906,443
  • 34
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip