Polsek Bersama Polres Bongkar Kasus Pembunuhan dan Pemerkosaan

Jurnal Sumatra - 26/09/2020 8:44 PM
Polsek Bersama Polres Bongkar Kasus Pembunuhan dan Pemerkosaan
 - ()
Editor

Lahat , jurnalsumatra.com – Bertempat diruang Loby Polres Lahat, pada Sabtu (26/09/2020), sekitar pukul 10.00 WIB kemarin, menggelar Press Converence terkait kasus Pembunuhan dan Pemerkosaan sesuai Pasal 338 KUHP subsider Pasal 351 Ayat 3 KUHP Jo 285 KUHP subsider Pasal 55,56 KUHP.

Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, didampingi Wakapolres Lahat Kompol Budi Santoso S.Sos, Kasat Reskrim AKP Burmawi SIK, Kapolsek Pajar Bulan AKP Kasmini Darda SH, Kanit Pidum IPDA Angga dan Kanit Res Polsek Pajar Bulan IPDA Sopran menyampaikan, setelah melakukan penyelidikan dilapangan akhirnya para pelaku kasus tindak pidana Pembunuhan dan Pemerkosaan berhasil dibongkar.

Menurut Kapolres Lahat, usai menerima  Laporan Polisi LP: A-/02/VII/2020/ Sumsel/Res Lahat/Sek Pajar Bulan tanggal 16 Agustus 2020, dengan pelapor atas nama Duan Saputra, anggota Res Pajar Bulan bersama anggota Reskrim Polres Lahat bergerak dan melakukan Penyelidikan dilapangan.

Untuk kronologis kejadian sendiri, dijelaskannya, pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2020, sekitar jam 17.00 WIB petugas jaga TPA telah mendapatkan informasi dari warga Talang Belumai bahwa dipinggir jalan Sungai Air Betung Desa Tangsi Kecamatan Pajar Bulan telah ditemukan mayat seorang perempuan.

Saksi setelah mendapatkan laporan, dilanjutkan mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memang benar ada ditemukan mayat seorang perempuan. Selanjutnya, sambung Kapolres Lahat, melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pajar Bulan, lalu dibawa kerumah Sakit Basmah Pagaralam, setelah dievakuasi terkuak korban bernama Andresta Mirdayanti (26) warga Desa Pajar Bulan Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat.

Setelah itu ditambahkannya, dari LP diterima Polsek Pajar Bulan di Beck Up anggota Satreskrim Polres Lahat melakukan penyelidikan terhadap tersangka dan kurang dari satu bulan kerja Polsek Pajar Bulan berhasil mendapatkan titik terang pelaku Pembunuhan disertai dengan Pemerkosaan tersebut.

“Setelah dilakukan penyelidikan yang cukup panjang, anggota Polsek Pajar Bulan bersama anggota Reskrim Polres Lahat menemukan titik terang, dan berhasil membongkar para tersangka yang ada,” ujar Achmad dalam Press Converence, kemarin.

Sedangkan, untuk kronologis penangkapan ketiga pelaku diakui Kapolres Lahat, pada hari Senin tanggal 14 September 2020 sekitar pukul 22.00 WIB dipimpin Kapolsek Pajar Bulan AKP Kasmini Darda SH dibantu Kanit Pidum Polres Lahat beserta anggota melakukan penangkapan terhadap 3 tersangka.

Ketiga pelaku yakni, Fikriadi (23) warga Simpang Padang Karet, Gang Mawar Kelurahan Basemah Kota Pagaralam, Mirzal Adi Saputra (31) warga Kota Pagaralam, Panhar (43) warga Simpang Bacang Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam.

Lalu, untuk tersangka lainnya masih dalam pengejaran (DPO) Polsek Pajar Bulan yang saat ini namanya sudah dikantongi Polisi, diantaranya, Fensi warga Kelurahan Karang Dalo Kota Pagaralam, Bambang warga Desa Aur Duri Kecamatan Dempi Tengah Kota Pagar Alam.

Untuk diketahui, masih menurut Kapolres Lahat kelima tersangka awalnya pergi untuk mencari ikan dengan membawa jala, setelah tiba di TKP tersangka melihat korban sendirian dalam keadaan lemas, melihat korban seperti itu timbullah niat jahat dari para tersangka untuk melakukan tindak pidana Pemerkosaan.

“Setelah itu, korban diangkat oleh para tersangka akan tetapi terjatuh dan kepala korban membentur batu. Kemudian ditinggalkan oleh para pelaku begitu saja, dan keesok harinya korban ditemukan oleh saksi sudah tidak bernyawa lagi,” pungkasnya.

Maka dari itu, kelima tersangka akan dikenakan Pasal tindak pidana tentang Pembunuhan Pasal 338 KUHPidana dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan Pasal Pemerkosaan Jo 285 subsider Pasal 55,56 KUHP ancaman hukuman 12 tahun penjara.

“Untuk tersangka dan barang bukti (BB) sekarang telah kita amankan di Polres Lahat, guna proses hukum lebih lanjut, para tersangka terancam 12 tahun penjara,” tukas Kapolres Lahat. (Din)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 6
  • 10,131
  • 932
  • 4,572,697
  • 1,903,568
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip