Puan Minta BKKBN Sosialisasi Terkait Kesehatan Ibu-Bayi

Jurnal Sumatra - 13/02/2018 4:12 PM
Puan Minta BKKBN Sosialisasi Terkait Kesehatan Ibu-Bayi
 - ()
Editor

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait permasalahan kesehatan ibu dan bayi.
“BKKBN harus edukasi agar perempuan tidak menikah dini. Itu satu PR lagi,” kata Puan dalam Rapat Koordinator Nasional BKKBN di Jakarta, Selasa.
Menurut Puan, tiap perempuan memiliki hak untuk bisa menentukan kapan dirinya menikah dan kapan dirinya mengandung hingga memiliki anak.
Menko PMK meminta BKKBN tidak hanya menjalankan tugas untuk membatasi angka kelahiran dengan program dua anak cukup, namun juga mensosialisasikan dan edukasi pada perempuan tentang kesehatan reproduksi dan kesehatan bayi.
“Perempuan punya hak untuk bisa tentukan kapan bisa menikah atau tidak, dan kapan boleh mengandung,” kata dia.

    Puan mengaku setiap kali bertemu dengan masyarakat saat kunjungan kerja di daerah selalu mendapati masalah terkait kesehatan ibu dan bayi.
“Setiap saya ke lapangan selalu permasalahannya itu. Kesehatan ibu, kematian bayi, dan stunting,” kata Puan.
Dalam sambutannya saat membuka Rakornas BKKBN tersebut Puan juga menekankan pentingnya Kampung KB menjadi pusat integrasi berbagai program pemerintah.
“Kita tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus bersama-sama dengan kementerian lembaga lainnya. Program pemerintah harus dibawa bersama-sama,” kata Puan.
Puan mengatakan BKKBN dan adanya Kampung KB tidak akan hanya mengurusi soal pengendalian kelahiran semata, tetapi juga harus membangun kesadaran keluarga dalam aspek kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 3
  • 4,067
  • 905
  • 4,589,685
  • 1,906,856
  • 6
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip