Puluhan Rumah di Dua RT Porak Poranda

Jurnal Sumatra - 04/10/2020 9:18 PM
Puluhan Rumah di Dua RT Porak Poranda
 - ()
Editor

Lahat, jurnalsumatra.com – Peristiwa kebakaran kembali terjadi, kali ini giliran rumah warga didua RT 03 RW 01 dan RT 04 RW 02 yang berada di Kelurahan Pasar Bawah, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat.

Dari kejadian itu, bukan hanya rumah warga didua RT habis terbakar juga satu unit Gedung Serba Guna milik Lurah Pasar Bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat ludes terbakar.

Kobaran api yang begitu cepat membakar puluhan rumah yang padat penduduknya ini, mengakibatkan ratusan kepala keluarga (KK) dan ribuan jiwa harus rela hilang tempat tinggal.

“Awal api berasal dari salah satu dapur milik warga di lokasi kejadian, tiba tiba membesar dan membumi haguskan puluhan rumah yang terbilang padat penduduk,” ucap Kasat Pol-PP dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Choiri Denin AP MM, pada Ahad (04/10/2020).

Dijelaskan Fauzan, api membesar diperkirakan sekitar pukul 14.00 WIB, dengan menerjunkan 10 unit armada yakni, 4 unit milik Pemkab Lahat, 2 unit milik Pemkab Muara Enim, dan bantuan dari BPBD Lahat 1 unit, PDAM Tirta Lematang 1 unit, dari PT PE 1 unit, dan dari Pemkot Kota Pagaralam 1 unit.

Akibat dari peristiwa yang ada, sambung Fauzan, berdasarkan data sementara rumah warga di Dua RT Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat tersebut, yang terbakar mencapai 50 sampai dengan 60 rumah menjadi Porak Poranda.

Sedangkan, untuk api sendiri berhasil dijinakkan oleh 10 unit Pemadam Kebakaran dengan beranggotakan 200 orang dan dibantu masyarakat sekitar lokasi kejadian diperkirakan sekitar pukul 16.00 WIB.

Ditegaskan Fauzan, akibat dari kejadian itu, salah satu warga di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat mengalami terbakar disekujur tubuhnya.

“Kini korban sedang menjalankan rawat inaf di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lahat, guna penyembuhan dari luka bakar yang dialaminya,” tukas Fauzan.

Pantauan dilapangan, langsung turun ke TKP sekitar pukul 16.00 WIB, terlihat Wabup Lahat H Haryanto SE MM, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Shawaf Al Amien SE.M.Si, beserta anggota Unit Intel Dim 0405 Lahat, Kapolres AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, Wakapolres Kompol Jossy, Kabag Ops Polres Lahat, Kasat Shabara dan anggota Polres Lahat, Kasat Pol-PP dan Damkar Fauzan Choiri Denin AP MM, Kepala BPBD Lahat Drs H Ali Afandi MM, Kadis PU PR Limbrah, Camat Lahat, dan Lurah Pasar Bawah1.

“Saat ini para korban kebakaran di Dua RT di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat terus didata oleh Ketua RT masing masing. Namun, diperkirakan rumah yang terbakar mencapai puluhan,” ungkap Wabup Lahat H.Haryanto SE MM, kemarin.

Tidak itu saja, menurutnya, Pemkab Lahat telah mendirikan tenda tenda darurat dan dapur umum untuk para korban kebakaran di Dua Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

“Tenda tenda darurat telah disiapkan oleh Pemkab Lahat dibantu dari Kodim 0405 Lahat dan Polres Lahat untuk dijadikan sebagai tempat penampungan sementara para korban dilengkapi dapur umum,” pungkas Wabup Lahat.

Berselang tak lama kemudian, atau sekitar pukul 18.10 WIB datang Bupati Lahat Cik Ujang SH bersama rombongan langsung ketitik lokasi guna melihat secara langsung keadaan para warganya terutama korban kebakaran. (Din)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.

PENGUNJUNG

  • 1
  • 7,264
  • 508
  • 4,610,966
  • 1,908,731
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip