Samsat Muba Mengedukasi Masyarakat Tertib Bayar Pajak Kendaraan

Jurnal Sumatra - 23/10/2020 5:55 PM
Samsat Muba Mengedukasi Masyarakat Tertib Bayar Pajak Kendaraan
 - (Jurnal Sumatra)
Editor

Muba, jurnalsumatra.com – Menindak lanjuti program Gubernur Sumsel H Herman Deru tentang perpanjangan pemutihan pajak kendaraan bermotor yang sebelumnya memang sempat berjalan.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, di Kabupaten Musi Banyuasin membuka kesempatan bagi masyarakat Muba untuk memanfaatkan program tersebut.

Bahkan dengan menggunakan mobil Keliling, Samsat Muba jemput bola dengan cara belusukan ke Kecamatan-Kecamatan guna mengedukasi masyarakat agar tertib membayar pajak kendaraan bermotor setiap tahun.

“Jadi program ini sebelumnya pernah berjalan tapi sempat berhenti dan sekarang sudah aktif lagi.”Ujar Kepala UPTD Samsat Muba melalui Kasih Pedataan dan Penagihan, Syafrizal irwan saat melayani perpanjangan/pemutihan pajak kendaraan masyarakat Kecamatan Sungai Keruh, betempat digedung Sebaguna desa Tebing Bulang, Kamis (22/10/2020).

Irwan mengatakan, Oprasian mobil sambing tujuannya dalam menetapkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak dan dengan adanya mobil sambing ini lebih memudahkan atau memperpendek jangkauan masyarakat agar tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

“Program ini untuk sementara waktu kita oprasikan setiap hari kamis didesa Tebing Bulang ini dalam rangka menjagkau masyarakat wajib pajak di wilayah kecamatan sungai keruh dan juga Jirak Jaya.  Kemudian setiap hari Selasa di kecamatan Babat Toman bertempat di depan bank Sumsel ini kedua potongan untuk mejagkau wilaya kecamatan Sanga Sesa, Lawang Wetan dan Kecamatan Plakat Tinggi.”Ujarnya. Dijelaskannya, bahwa sekarang ini sedang ada kebijakan Gubernur Sumsel tentang pemutian pajak bermotor.

“Ini dari provinsi jadi pajak kendaraan bermotor ini sekarang ini sedang pemutihan di mana hanya di pungut 1 pokok tungakan di tambah 1 pokok berjalan.  Selain itu ada lagi pemutihan untuk bea balik nama. Balik nama ini ada dua yang pertama ada balik nama untuk kendaraan baru ini khusus bea balik nama untuk BBN. 2 untuk kendaraan seken baik untuk mutasi dari luar di wilayah Sumsel ke plat BG kemudian juga antar wilayah provinsi Sumsel,”Jelas dia.

Lanjut Irwan, bahwa di muba ini ada 2 UPTD yakni Unit muba 1 dan muba 2. ” Jadi muba 1 ini kebetulan kita berkedudukan di Sekayu yang meliput wilaya kerja ada 8 kecamatan mulai dari Kecamatan Lais, Sekayu, Lawang Wetan, Babat Toman, Sanga Desa, Plakat Tinggi  Sungai Keruh dan Kecamatan Jirak Jaya.

“Saya menghimbau kepada masyarakat jangan ada keraguan.  Jadi ada sesuatu apapun itu misalkan ada kendaraan yang di lesing. Kita tetap wajib melayani jadi silahkan bertanya kita tentang prosedur ketentuan dan hak dan kewajiban selaku wajib pajak.”Imbaunya.

Sementara itu, dengan adanya pelayanan perpanjangan pemutihan pajak kendaraan yang setiap hari Kamis dipusatkan didesanya. Kepala Desa Tebing Bulang Harissandi AMd mengucapkan terimahkasih kepada pihak Samsat. Karena menurut dia ini sangat membantu.

“Sebelumnya memang ada pemberitauan ke pihak Kecamatan. Kemudian pihak Kecamatan memberitau Kepala Desa, selanjutnya Kades mengumumkan ke warga melalui Kadus masing-masing. Terimakasih dengan adanya program ini masyarakat terbantu, karena tidak banyak mengeluarkan biaya, apa lagi di musim pandemi sekarang ini,”Ucapnya. (Rafik elyas)

 

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 354
  • 65
  • 4,742,854
  • 1,942,569
  • 0
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip