Satgas Terpadu Berhasil Evakuasi Warga Sipil

Jurnal Sumatra - 17/11/2017 3:39 PM
Satgas Terpadu Berhasil Evakuasi Warga Sipil
 - ()
Editor

     Timika, jurnalsumatra.com – Anggota Satuan Tugas Terpadu berhasil mengevakuasi warga sipil yang ada di perkampungan Tembagapura antara lain di kampung Banti dan Kimbeli di wilayah distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Jumat.
Evakuasi warga yang sebelumnya dikuasai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Ayub Waker berhasil dievakuasi oleh satgas terpadu yang dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Brimob Polda Papua, Kombes Pol Mathius D. Fakhiri, sekitar pukul 09.30 WIT.
Sebelumnya upaya evakuasi yang dilakukan sempat mendapat perlawanan dari pihak KKB. Namun anggota yang diterjunkan tersebut berhasil menguasai wilayah yang diduduki KKB.
Setelah wilayah berhasil dikuasai, personel beserta rombongan pasukan lainnya langsung menuju lokasi ditahannya warga sipil, selanjutnya melakukan proses evakuasi secara bertahap.
Hingga siang ini, informasi yang berhasil dihimpun menerangkan, rombongan bus yang mengevakuasi warga sipil sebanyak empat unit telah tiba di Sport Hall Tembagapura Mile Point (MP) 68.

     Warga sipil yang dievakuasi sementara ditampung di Sport Hall, Kota Tembagapura sambil menunggu proses evakuasi yang berjalan secara bertahap. Rencananya warga yang dievakuasi selanjutnya akan dibawa ke Timika.
Di Timika sendiri, Pemkab Mimika bersama dengan TNI dan Polri telah menyediakan tiga tempat untuk para warga yang dievakuasi. Tempat yang telah disediakan. Tersebut antara lain di Gedung Eme Neme Yauware untuk warga Papua, gedung Tongkonan jalan Sam Ratulangi untuk warga dari Sulawesi Selatan dan Sekretariat Kerukunan Jawa Bersatu yang beralamat di jalan Budi Utomo Ujung untuk warga asal Jawa.
Sementara Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal hingga kini masih dalam perjalanan menuju Tembagapura bersama sejumlah awak media, sehingga yang bersangkutan belum dapat dikonfirmasi.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 221
  • 90
  • 4,759,171
  • 1,945,368
  • 3
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip