Sekda: ASN Sukabumi Jangan Mau Diintervensi Parpol

Jurnal Sumatra - 26/03/2018 11:05 AM
Sekda: ASN Sukabumi Jangan Mau Diintervensi Parpol
 - ()
Editor

    Sukabumi,jurnalsumatra.com – Pelaksana Tugas Seketaris Daerah Kota Sukabumi, Jawa Barat, Saleh Makbullah mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) jangan sampai mau diintervensi oleh partai politik.
“Tugas ASN harus profesional dan berfungsi sebagai pelaksana kebijakan dan pelayan publik serta menjadi perekat dan pemersatu bangsa. Sehingga jangan mau terpengaruhi apalagi sampai diintervensi oleh parpol,” katanya di Sukabumi, Senin.
Ia yang juga merupakan Ketua Desk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sukabumi menambahkan pihaknya juga sudah melakukan penandatangan Pakta Intergitas tentang Netralitas ASN di pilkada serentak 2018 sesuai Surat Edaran Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor: B/17/M.SM.00.00/2017 tentang Netralitas bagi ASN

Menurutnya, dalam surat edaran tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS setiap PNS atau ASN yang melanggar ketentuan akan dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan berat.
Adapun hukuman disiplin tingkat sedang yakni berupa penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.
Sedangkan untuk hukuman disiplin tingkat berat, yakni berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun, penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan atau pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS atau ASN.
“Maka dari itu, ASN sebagai pelayan atau abdi negara hanya harus tunduk dan patuh kepada negara untuk melayani masyarakat secara profesional dan jangan dintervensi oleh golongan mampun parpol tertentu,” tambahnya.
Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat mengatakan pihaknya berulang kali melakukan sosialisasi pilkada kepada ASN khususnya yang berkaitan dengan tahapan, jadwal dan program, meningkatkan pengetahuan serta pemahaman dan netralitas ASN.(anjas)

Tinggalkan Komentar

Anda harus login untuk ber-komentar.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 2
  • 99
  • 26
  • 4,750,065
  • 1,944,288
  • 5
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip