Sekolah Wajib Pasang Papan Informasi Dana BOS

Jurnal Sumatra - 12/11/2019 6:29 PM
Sekolah Wajib Pasang Papan Informasi Dana BOS
 - ()
Editor

Lahat, jurnalsumatra.com – Guna untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan, maka dari itu, seluruh sekolah di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (SumSel), wajib memasang papan informasi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Sekolah wajib memasang papan penggunaan dana BOS agar lebih transparan dalam pengalokasiannya, papan Informasi diperlukan agar khalayak khususnya wali murid dapat mengetahui, tidak menutup kemungkinan penerima dana bos setiap tahunnya ada perubahan  terhadap data jadi skala penerima, dapat terlihat di Papan Informasi tersebut,” Jelas Ketua PLANTARI, Sanderson Syafe’i, ST. SH, belum lama ini usai menindaklanjuti laporan masyarakat.

Selain itu, diharapkan kata Sanderson, dalam penggunaan dana BOS harus sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan.

“Karena kita tidak ingin ada pihak sekolah atau tim manajemen BOS yang harus berurusan dengan penegak hukum,” Jelasnya.

Akan tetapi, untuk mencapai itu semua menurutnya, harus transparan dan akuntabel juga jadi hal yang wajib dilakukan sekolah dalam pengelolaan dana BOS.

“Yang jelas, transparan dan jangan sampai ada penggunaan atau peruntukannya yang disembunyikan,” himbaunya.

Ia menjelaskan, UM salah satu orang tua siswa menyebutkan bahwa dirinya sangat meragukan penggunaan dana Bos di SMP Negeri 5 tempat anaknya menuntut ilmu.

Maka dari itu, Sanderson mengingatkan seharusnya pihak sekolah melalui kepala Sekolahnya transparan menggunakan dana Bos itu dengan memajangkan papan penggunaan dan mengumumkannya dan mudah diakses kepada orang tua siswa yang anaknya bersekolah di sana.

“Kita sebagai orang tua yang anak kita sekolah disitu menyayangkan pekerjaan kepseknya dan kita bermohon kepada Kadis Pendidikan Kabupaten Lahat untuk secepatnya memeriksa penggunaan dana BOS di Sekolah tersebut, supaya kami para orang tua tidak salah kaprah kepada kepsek itu,” terang UM didampingi Sanderson.

Untuk memastikan kebenaran informasi dari UM (Nara sumber-red), PLANTARI pun mendatangi ke lokasi sekolah, dan berdasarkan pantauan dilapangan baru baru ini, siang sekitar pukul 14.30 WIB, memang benar bahwa pihak sekolah tidak ada menempelkan papan penggunaan anggaran dana Bos sebagaimana mestinya di sekolah daerah lain.

Kepala Sekolah Suparjo, S.Pd. M.Si, melalui wakilnya Salmin, S.Pd mengatakan bahwa pihaknya telah menggunakan dana bos tersebut untuk keperluan sekolah.

“Dana bos digunakan seluruhnya, dan laporan pertanggung jawabannya sudah diberikan kepada Kadis Pendidikan Lahat dan UPTD Pendidikan Lahat,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Ketua Komite Fauzan Khoiri, yang juga merupakan Kasat Pol PP Kab. Lahat, mengatakan bahwa dirinya juga tidak melihat papan informasi tersebut, diperkuat juga dengan salah satu anggotanya Agustria yang kebetulan berada di sekolah.

“Pihak pengelola sekolah dalam hal ini Kepsek belum ada memang atau melihat papan informasi dana BOS,” sebutnya, melalui via telepon saat dihubungi. 

Sementara salah seorang guru  SMPN 5 Lahat, yang tidak ingin namanya disebutkan, mengatakan bahwa pihak Sekolah tertutup terkait penggunaan dana BOS-nya, dirinya pun tidak tahu.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Drs. Suhirdin MM, melalui Sekretaris Sukaryo yang juga Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID Pembantu) Dinas Pendidikan saat diminta tanggapan terkait Papan Informasi Dana BOS di sekolah-sekolah se Kabupaten Lahat, belum memberikan jawaban hingga berita ini diturunkan. (Din)

Komentar telah ditutup.

Untitled Document
HUBUNGI KAMI
  • E-Mail: jurnalsumatra@yahoo.co.id

SERTIFIKASI DEWAN PERS

Dilarang mengutip isi berita dan karya jurnalistik dari portal jurnalsumatra.com tanpa izin resmi dari management dan redaksi.


PENGUNJUNG

  • 1
  • 10,935
  • 510
  • 4,803,665
  • 1,948,465
  • 206
  • 17

RUANG IKLAN

 

 

Arsip