SMAN 17 Gratiskan Biaya Bagi Siswa Kurang Mampu


Palembang, jurnalsumatra.com – SMA Negeri Unggulan 17 Palembang menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa kurang mampu.  Yang terpenting adalah siswa tersebut lulus dalam seleksi dan memiliki prestasi akademik.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMAN 17 Palembang Parmin melalui Waka Humas Dra Hj Ria Wilastri MM saat diwawancarai di ruang kerjanya,  Kamis (31/1/2019).

Ria Wilastri mengatakan,  siswa yang berprestasi di bidang akademik tidak perlu ragu mendaftar ke SMAN 17 Palembang.  Pasalnya,  siswa yang tidak mampu digratiskan biaya pendidikannya.  

“Siswa SMP yang berprestasi jangan ragu sekolah kesini. Bagi siswa yang tidak mampu dari segi ekonomi seluruhnya bebas biaya atau tidak dipungut biaya apapun, semuanya gratis, ” ujarnya

Lebih lanjut Ria menjelaskan,  bagi siswa yang tidak mampu silahkan menyertakan surat keterangan tidak mampu dari RT atau Lurah.  “Kalau mereka lulus seleksi,  pasti kita gratiskan.  Kalau memang benar-benar tidak mampu,  asalkan berprestasi akan kita bebaskan biaya pendidikannya. Orang tua siswa harus jujur dengan kondisi ekonominya,” bebernya.

Ria mengungkapkan,  siswa yang dibebaskan biaya pendidikan di SMAN 17 diantaranya orang tuanya yang bekerja di buruh dan lainnya. 

“Kalau anaknya mampu bersaing disini,  silahkan melanjutkan pendidikan kesini. Disetiap tingkat pendidikan mulai dari kelas 10-12 ada yang gratis.  Kita tidak membatasi kuota,  bagi yang tidak mampu semuanya gratis, ” tegasnya.

Bagi siswa yang mampu, lanjut Ria,  biaya pendidikannya meliputi biaya asrama,  makan,  listrik,  air PAM,  laundry dan  untuk operasional pendidikan siswa. Biaya yang dibebankan kepada siswa untuk semua fasilitas yang didapatkan siswa di sekolah.

“Biaya pendidikan yang dimaksud juga bersifat sukarela tanpa paksaan dan sesuai dengan kemampuan finansial masing masing-masing orang tua, ” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply