oleh

DPMPD Kaltim canangkan penanaman toga di kantor

Samarinda, jurnalsumatra.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melakukan pencanangan penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) di lingkungan kantor.

Pencanangan dilakukan dengan menanam bibit aneka tanaman yang bermanfaat untuk dikonsumsi keluarga, di Halaman Kantor DPMPD Kaltim, Jumat.

Penanaman diawali Kepala DPMPD Kaltim HM Syirajudin yang kemudian diikuti seluruh pejabat struktural dan staf ASN maupun non ASN lingkup DPMPD Kaltim.

Toga ditanam menggunakan media karung bekas beras dan diletakkan di sekitar lingkungan kantor.

M Syirajudin menyebut pencanangan penanaman Toga dimaksudkan memasyarakatkan pemanfaatan lahan pekarangan kantor dan rumah untuk ditanami Toga.

“Sebelum digalakkan alangkah baiknya kita mengawali. Melakukan pencanangan penanaman Toga di halaman kantor,” ucap Iyad sapaan akrabnya.

Iyad mengaku memanfaatkan lahan pekarangan untuk Toga merupakan hal positif, karena bermanfaat untuk dikonsumsi maupun obat herbal bagi yang membutuhkan.

Terlebih jika dilakukan di halaman pekarangan rumah. Bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan obat herbal, sehingga mengurangi pengeluaran keluarga. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini.

“Seperti tanaman lombok, tomat, sawi sendok, sirih, jahe, kunyit, dan lidah buaya. Jika ada di pekarangan tidak perlu lagi membeli ke pasar, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan tentunya menjaga kesehatan keluarga,” jelasnya.

Untuk memasyarakatkan gerakan ini. Iyad mengajak DPMD kabupaten dan 841 desa se Kaltim ikut menggalakannya di tingkat kabupaten hingga ke desa.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed